Bukan Hanya Daging Sapi, Harga Cabai di Kota Bandung Juga Mulai Naik Jelang Ramadhan

- 5 Maret 2022, 17:50 WIB
Ilustrasi cabai.
Ilustrasi cabai. /Dok. Pikiran Rakyat/

PRFMNEWS - Menjelang Ramadhan, sejumlah komoditas kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Kota Bandung mulai merangkak naik. Bukan hanya daging sapi, harga cabai pun mulai mengalami kenaikan.

Meski demikian, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah menjelaskan, kelompok cabai tidak semuanya masuk dalam komoditas pangan strategis. Hanya cabe merah saja yang mewakili kelompok cabe-cabean yang masuk komoditas strategis.

"Cabe rawit domba itu tidak terlalu pengaruh, karena bukan komoditas strategis. Kalau cabe merah baru termasuk komoditas pangan strategis. Jadi kami memprioritaskan komoditi yang banyak diperlukan masyarakat, kalau cabe rawit engga masuk, dia termasuk ke jenis pangan relatif, karena kebutuhannya tidak terlalu diprioritaskan," jelas Elly saat dihubungi Sabtu 5 Maret 2022.

Dalam pantauan terakhir Disdagin Kota Bandung pada Kamis 3 Maret 2022 lalu, Elly mencatat harga cabe merah mencapai angka Rp70.000 per kilogram. Sekali lagi, kenaikan itu disebabkan kondisi cuaca yang kurang baik sehingga petani di sumber produksi tidak banyak mendapatkan hasil panen yang baik.

Baca Juga: Bikin Jadi Bau Badan, dr. Saddam Ismail Sarankan Kurangi Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini

"Ini karena kondisi di daerah produsen, akhir- akhir ini kan lagi musim hujan, cuaca juga tidak menentu. Karena kalau musim hujan, kualitas cabe jadi berkurang, kadar airnya tinggi dan mudah busuk, jadi pedagang juga tidak bisa memasok banyak karena kalau stok banyak tapi tidak laku, bisa cepat busuk. Kalau musim kemarau, stok bisa diperbanyak karena kualitas cabe sedang bagus, tidak mudah busuk," ungkap Elly.

Saat ini, lanjut Elly, cabe-cabean yang di jual di kota Bandung bersumber dari sejumlah daerah tetangga seperti Kabupaten Bandung, Garut, Bandung Barat, Tasikmalaya dan Ciamis.

"Cabe kebanyakan dari daerah tetangga, seperti Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Garut, Tasik, Ciamis. ada juga dari Jawa Tengah. Kalau cabe merah Tanjung dari Banyuwangi dan Jawa Timur," jelas Elly.

Berkaca pada tahun tahun sebelumnya, Elly memprediksi kenaikan harga cabe akan terus terjadi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x