Keren, Mesin Pengolah Sampah Buatan Karang Taruna Bandung Ini Diminati Kota-kota Besar

- 2 Maret 2022, 12:01 WIB
Mesin Pengolah Sampah Karya Pemuda Rancanumpang, Gedebage, Kota Bandung yang diminati kota-kota besar.
Mesin Pengolah Sampah Karya Pemuda Rancanumpang, Gedebage, Kota Bandung yang diminati kota-kota besar. /HUMAS BANDUNG

PRFMNEWS – Sejumlah pemuda Karang Taruna Rancanumpang Gedebage, Kota Bandung menciptakan mesin pengolahan sampah sederhana yang diklaim ramah lingkungan dan banyak dipakai di kota-kota besar lain.

Mesin pengolahan sampah karya para pemuda Karang Taruna Rancanumpang Gedebage diciptakan untuk membantu Pemkot Bandung menangani masalah sampah menumpuk yang masih jadi PR terbesar sampai saat ini.

Inisiator mesin pengolahan sampah ramah lingkungan tersebut adalah salah satu pengurus Karang Taruna Rancanumpang Gedebage, Kota Bandung yang kerap disapa Ki Dalang.

Baca Juga: Kabar Baik dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung: Kasus Covid-19 di Kota Bandung Terus Menurun

Ki Dalang mengaku, pembuatan mesin sampah tersebut melewati proses riset panjang sejak 2008 silam. Berkali-kali ia bersama timnya merombak mesin agar lebih efektif dan ramah lingkungan.

"Setelah mesinnya jadi, ternyata ada beberapa yang harus diperbaiki. Awalnya menghasilkan asap, jadi malah mencemari lingkungan. Tapi, setelah diriset berkali-kali, sekarang sudah tidak ada asap kotor yang keluar," ucapnya, dikutip prfmnews.id dari laman resmi Pemkot Bandung.

Hingga akhirnya pada 2016, Ki Dalang dan timnya berhasil memproduksi sekira 50 unit mesin pengolah sampah.

Baca Juga: Kenaikan Harga Sapi dari Australia Bikin Harga Daging Sapi di Kota Bandung Naik

Bahkan, mesin-mesin ini dibeli beberapa pihak swasta dan pemerintah di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Tangerang, dan Batam.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah