Pakar Transportasi: Ganjil Genap Itu agar Orang Mau Naik Angkutan Umum, Bukan Batasi Mobilitas

- 18 Agustus 2021, 11:48 WIB
Pemkot Bandung Terapkan Ganjil Genap Saat PPKM Level 4
Pemkot Bandung Terapkan Ganjil Genap Saat PPKM Level 4 /Humas Bandung.


PRFMNEWS - Pakar Transportasi ITB, Sony Sulaksono Wibowo menyebut pemberlakuan ganjil genap kendaraan tidak efektif jika tujuannya membatasi mobilitas masyarakat di tengah PPKM.

Menurut Sony, ganjil genap hanya mengurangi kendaraan di ruas jalan itu, sedangkan di ruas lainnya tetap terjadi mobilitas tinggi karena kendaraan bertumpuk di jalan lain.

"Ganjil genap kemarin kan pas hari libur, weekend, jadi sebenarnya tidak terlalu efektif kalau tujuannya untuk kurangi mobilitas, tapi kalau kurangi mobilitas di ruas jalan itu saja ya ok," kata Sony saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Rabu 18 Agustus 2021.

Baca Juga: Oded Sebut Ganjil Genap Kurang Efektif, Lebih Pilih Skema Penutupan Jalan

Sony menegaskan, ganjil genap tidak cocok untuk mengurangi mobilitas masyarakat saat PPKM, karena ganjil genap pada dasarnya untuk membuat masyarakat beralih ke transportasi umum.

Namun yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apakah Kota Bandung sudah siap menyediakan alternatif transportasi untuk masyarakat.

"Yang namanya ganjil genap itu agar orang mau naik angkutan umum, sekarang pertanyaannya adalah alternatifnya udah ada belum, kalau ada ya kita kasih pinalti dengan ganjil genap, parkir mahal, itu bisa, tapi masalahnya sekarang alternatifnya apa, itu yang harus jadi perhatian," ungkapnya.

Baca Juga: Kata Sekda Kota Bandung, Aturan Ganjil Genap Diberlakukan Agar Pengendalian Pandemi Lebih Baik

Sebaliknya, jika tujuannya untuk membatasi pergerakan orang, maka yang perlu diperkuat adalah membatasi asal muasal pergerakan, bukan malah menutup jalan yang hanya akan menimbulkan kemacetan dan kerumunan.

Adapun contoh membatasi asal muasala pergerakan orang di antaranya dengan membatasi jam kantor, membatasi kapasitas pekerja, atau jam operasional pertokoan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x