Santri di Kabupaten Bandung Akan Luncurkan Website 31 Masjid Kecamatan

- 10 Mei 2021, 15:02 WIB
Acara LAILATUL CODING di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu 8 Mei 2021.
Acara LAILATUL CODING di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu 8 Mei 2021. /

PRFMNEWS - Dengan semakin canggihnya teknologi informasi membuat banyak hal bisa dilakukan dan diakses melalui dunia maya di berbagai laman atau website.

Sejumlah santri di Kabupaten Bandung mendapatkan pelatihan dasar pengenalan pembuatan website dan dunia digital. Para santri ini harus mengambil peranan penting dalam perubahan yang cukup cepat terkait serangan digitalisasi yang cukup agresif. Pelatihan bernama LAILATUL CODING tersebut memberikan kesempatan bagi santri untuk mendapatkan bekal masuk ke dalam dunia era digital.

Ketua Pelaksana Lailatul Coding Mohammad Ryan Januar Akbar menjelaskan, pertumbuhan bangsa dan negara harus disikapi positif oleh para santri dengan bekal informasi teknologi yang mencukupi. Santri yang mengikuti kegiatan berasal dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Dalam OTT Bupati Nganjuk, KPK Turut Tangkap Beberapa ASN dan Amankan Sejumlah Uang Sebagai Bukti

“Para santri ini akan mempunyai dasar dalam pembuatan website. Mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk membuat website masjid di kecamatan masing-masing,” kata Ryan di sela-sela kegiatan yang digelar di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu 8 Mei 2021.

Ryan mengatakan, pengenalan materi dasar terkait mendukung digitalisasi santri dan masjid selain website seperti pembuatan titik koordinat masjid agar mudah di lacak oleh aplikasi pengarah perjalanan, pembuatan QRIS atau metode pembayaran instan menggunakan QR Code. Selain itu, ada pula pelatihan setup software pendukung pembuatan website

“Targetnya peserta akan meluncurkan website masjid karya santri dalam semalam,” ujarnya.

Baca Juga: Persatuan Islam Tetapkan 1 Syawal 1442 H Bertepatan pada Kamis 13 Mei 2021

Ryan menambahkan, para peserta merupakan perwakilan pesantren di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung. Masing-masing pesantren memberikan 2 orang santri untuk mengikuti kegiatan ini dengan total keseluruhan peserta berjumlan 62 peserta pelatihan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x