Selayang Pandang Yayasan BPI: Mulai Paud Hingga Tingkat SMA/SMK

- 23 April 2021, 20:31 WIB
Yayasan BPI Bandung/
Yayasan BPI Bandung/ /BPI Bandung

PRFMNEWS - Yayasan Badan perguruan Indonesia (BPI) merupakan badan usaha yng bergerak dibidang Pendidikan, didirikan pada tanggal 18 Agustus 1948 dengan idealisme “Winaya Utama Marganing Satya Dharma” yang mengandung makna Pendidikan yang baik membentuk manusia yang setia pada dharmanya.

Yayasan BPI beralamat di jalan Burangrang No 08 kota Bandung berada di jantung kota Bandung mengelola unit sekolah yaitu PAUD, SD, SMP, SMA 1, SMA 2 dan SMK, untuk PAUD dan SD bertempat di jalan Halimun sedangkan SMP, SMA, SMA2 dan SMK di Jalan Burangrang No 08.

Selama berkiprah 72 tahun Yayasan BPI telah melahirkan alumni-alumni yang berhasil dibidangnya, ada yang jadi pejabat, pengusaha maupun pesohor seperti Melly Goeslaw, Hedi Yunus salah satunya. Dalam pengembangan kurikulum pembelajaran selaras dengan kebijakan merdeka belajar, dimana proses pembelajaran ditekankan pada fleksibilitas dan experimental learning sesuai dengan minat dan bakat dan kapabiliatas siswa serta mencakup pendidikan pembentukan karakter.

Unit sekolah dilingkungan yayasan BPI berkontribusi dalam penyelenggaraan Pendidikan nasional seperti.

  1. Menciptakan lulusan yang memiliki karakter, kemampuan interpersonal yang baik serta kompetensi sesuai dengan minat dan bakat
  2. Memiliki kotribusi nyata bagi masyarakat sekitar dan umumnya melalui program kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler yang bebasis IPTEK seperti STEM (sains, teknologi, environment dan mathematic) yang mampu memecahkan masalah keseharian.

Pengelolaan sekolah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan infomasi secara menyeluruh melalui digitalisasi seperti pada kegiatan PPDB, pembelajaran maupun evaluasi/penilaian.

Karena kemajuan teknologi informasi dewasa ini, maka menjadi suatu keniscayaan bahwa unit-unit sekolah dilingkungan Yayasan BPI wajib melengkapi dirinya dengan inprastruktur yang memadai untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang berbasis IT.

Smart Campus adalah konsep yang diusung untuk mewujudkan sekolah yang berbasis digital. Selama masa pandemi Covid-19, setiap unit sekolah mulai dari PG-DC-TK, SD, SMP, SMA dan SMK melaksanakan kegiatan PJJ.

Hampir disetiap layanan Pendidikan menggunakan digitalisasi. Sarana prasarana yang lengkap dan mendukung kemajuan layanan seperti: kolam renang mini untuk TK, psikolog, dokter dan tempat ibadah telah disiapkan dan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Lingkungan sekolah yang mengacu pada konsep green school juga telah disiapkan di setiap unti sekolah.

Dengan konsep green school setiap siswa dikenalkan dengan isu-isu lingkungan hidup, sehingga para siswa dapat menjadi manusia-manusia yang peduli terhadap lingkungan hidup.Setiap unit sekolah mempunyai berbagai keunggulan sesuai dengan karakter unit sekolah masing- masing di antaranya:

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x