Wisata Naik Kapal Pinisi Akan Hadir di IKN, Ada 2 Rute Suguhkan Pengalaman Tak Terlupakan Selama 3 Jam

- 30 Juni 2024, 11:00 WIB
Wisata Naik Kapal Pinisi Akan Hadir di IKN
Wisata Naik Kapal Pinisi Akan Hadir di IKN /Dok. Departemen Perhubungan

PRFMNEWS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung hadirnya pelayaran kapal pinisi untuk wisata menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan hal ini penting untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas.

“Potensi wisata di perairan Balikpapan yang masih hijau dan alami sangat mengagumkan sehingga sayang sekali apabila tidak dimaksimalkan,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis di laman resmi Kemenhub yang diutarakannya saat melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Jumat 21 Juni 2024.

Sebagai langkah persiapan rute pelayaran kapal pinisi menuju IKN, Menteri Budi Karya telah meninjau Pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan yang rencananya akan masuk dalam trayek untuk kepentingan wisata pelayaran di wilayah Balikpapan tersebut.

Baca Juga: KemenPUPR Gelar Electric Karting Race 2024 di Bandung dan IKN, Ajang Unjuk Gigi Pembalap Gokart Tanah Air

Ada dua rute layanan kapal pinisi yang disiapkan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, yakni dari Pelabuhan Semayang – Jembatan Pulau Balang (passing) – Dermaga PT ITCI KU (memutar) – Pelabuhan Semayang. Kemudian rute sebaliknya, Dermaga PT ITCI KU – Jembatan Pulau Balang (passing) – Pelabuhan Semayang (memutar) – Dermaga PT ITCI KU.

Total waktu pelayaran diperkirakan selama 3 jam 30 menit. Sepanjang perjalanan, lanjut Budi, wisatawan akan bisa menikmati beragam pengalaman menarik, mulai dari wisata kuliner, mengunjungi gedung serba guna, Jembatan Pulau Balang yang estetik, hutan bakau, penangkaran orangutan, hingga melihat hewan endemik lain seperti ikan pesut, bekantan, dan buaya.

Menhub sebelumnya juga telah mengajak Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia (INSA) untuk bekerja sama dalam pengadaan kapal pinisi di IKN.

Baca Juga: Habiskan Dana Rp2 Triliun, Istana Negara di IKN Hampir Rampung, Ternyata Punya Desain Unik

“Adapun saat berada di wilayah IKN, wisatawan nantinya bisa menikmati city tour di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Ini tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan,” terangnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah