8 Hotel Bersejarah dan Klasik di Bandung yang Sudah Berdiri Sejak Era Kolonial

- 26 September 2023, 16:00 WIB
Seorang pengendara sepeda melintas di depan Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jumat 1 Januari 2021.
Seorang pengendara sepeda melintas di depan Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jumat 1 Januari 2021. /PRFMNews/prfmnews

PRFMNEWS - Pariwisata Indonesia tidak bisa terlepas dari jasa kolonial Hindia Belanda. Sejak terusan Suez dibuka, banyak kapal Eropa yang menuju ke wilayah nusantara untuk urusan perdagangan. Kemudian abad ke-19, sejumlah kapal pesiar menepi membawa turis-turis yang hendak liburan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat itu Hindia Belanda membangun hotel-hotel di Indonesia yang sekarang menjadi hotel bersejarah di Indonesia.

Hotel-hotel tersebut tersebar di berbagai kota termasuk di Kota Bandung, hotel tersebut mempunyai nilai bersejarah peninggalan zaman Belanda yang masih beroperasi hingga sekarang.

Baca Juga: Hotel Mewah Pertama di IKN Nusantara Mulai Dibangun, Jokowi: Ini Akan Bangkitkan Percaya Diri Investor

Dengan latar belakang sejarahnya, hotel-hotel tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang tentunya tak bisa ditemukan di hotel lainnya.

Penasaran apa saja hotel-hotel bersejarah yang ada di Bandung? langsung simak sampai selesai ya.

  • Hotel Savoy Homann Bandung

Hotel Savoy Homann Bandung merupakan salah satu hotel tertua di Indonesia yang memiliki nilai sejarah adalah Hotel Savoy Homann di Bandung. Berdiri sejak 1871.

Awalnya Hotel Savoy Homann bernama Hotel Homann yang diambil dari nama pemiliknya kala itu, Homman seorang berkebangsaan Jerman. Pada saat itu, hotel ini terbuat dari bambu sebelum kemudian pada 1880 bangunan hotel ini dibangun kembali dengan tembok batu bata.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x