Unik! Di Sumedang Ada Tempat Wisata Baru yang Berlokasi di Ruang Kerja Kepala Desa

- 2 September 2023, 21:00 WIB
Tempat Wisata Baru yang Berlokasi di Ruang Kerja Kepala Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo ,Kabupaten Sumedang
Tempat Wisata Baru yang Berlokasi di Ruang Kerja Kepala Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo ,Kabupaten Sumedang /Dok Pemkab Sumedang

PRFMNEWS – Aneh tapi nyata, objek wisata baru di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini berada di lokasi yang tak biasa. Tempat wisata ini menggunakan ruang kerja kepala desa untuk diisi koleksi benda-benda purbakala.

Site Museum Lembah Cisaar, menjadi tempat wisata edukasi yang belum lama ini diresmikan oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan. Lokasi museum ini berada di ruang kerja Kepala Desa Jembarwangi, Pitriani Dewi.

Pitriani Dewi merelakan ruang kerjanya dijadikan Site Museum Lembah Cisaar yang menyimpan koleksi fosil hewan purbakala berusia jutaan tahun. Menurutnya, pengubahan fungsi ruangan tersebut lantaran banyaknya fosil purba yang ditemukan.

Baca Juga: Ada Mystery Guest, Ini Rundown dan Jadwal Konser WJF 3 September 2023 di Stadion Siliwangi

"Awalnya karena banyaknya temuan yang tersebar, ada yang dibawa di gudang, di kolong meja, dibawa pakai karung pakai kardus, akhirnya kami berembug untuk membuat ruangan khusus untuk penyimpanan fosil-fosil ini," kata Pitriani, Kamis 31 Agustus 2023.

Pitriani menjelaskan, awalnya, hanya ruangan sekretaris desa (sekdes) yang dijadikan tempat penyimpanan. Namun karena temuan semakin banyak dan tak cukup ditampung di satu ruangan, maka ruangan kades juga dijadikan tempat penyimpanan fosil.

"Awalnya ruangan sekdes yang dipakai penyimpanan temuan, tapi karena semakin hari temuan semakin banyak, dan ditemukan satu fosil tempurung kura-kura yang utuh. Akhirnya kami buka lagi satu ruangan yaitu ruangan kepala desa," tuturnya.

Baca Juga: PT KCIC Kembali Buka Pekrutmen Pegawai, Ini Posisi yang Dibutuhkan

Kemudian, setelah adanya program site museum dari Museum Geologi Bandung, disepakatilah tiga ruangan di Kantor Desa Jembarwangi disulap jadi Site Museum Lembah Cisaar.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x