Yuk Liburan ke 2 Tempat Wisata Baru Dekat Stasiun Bandung Sambil Belajar Sejarah Bareng Tour Guide Gratis

- 11 Mei 2024, 09:00 WIB
Gedung Pakuan Kota Bandung.
Gedung Pakuan Kota Bandung. /Humas Jabar/

PRFMNEWS – Kota Bandung memiliki 2 (dua) tempat wisata baru yang bisa dikunjungi masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, ataupun sendiri. Dua tempat wisata indoor (dalam ruangan) yang berada di tengah kota serta dekat dengan Stasiun Bandung ini merupakan wisata edukasi dan sejarah.

Pendopo Kota Bandung dan Gedung Pakuan merupakan dua destinasi wisata edukasi dan sejarah dekat Stasiun Bandung yang bisa dikunjungi wisatawan secara gratis tanpa perlu bayar harga tiket masuk. Namun calon pengunjung wajib reservasi atau mendaftar dulu secara online untuk bisa berwisata ke dua area wisata tersebut.

Pendopo Kota Bandung yang berada di Jalan Dalem Kaum ini merupakan rumah dinas wali kota Bandung. Sedangkan Gedung Pakuan yang berlokasi di Jalan Cicendo ini adalah rumah dinas gubernur Jawa Barat (Jabar). Kedua objek wisata sejarah ini terletak dekat Stasiun Bandung dan kawasan Braga.

Pendopo Kota Bandung
Pendopo Kota Bandung Diskominfo Kota Bandung

Tersedia tour guide atau pemandu wisata yang akan membantu menjelaskan ke pengunjung terkait ruang-ruangan hingga benda-benda bersejarah yang ada di dalam Pendopo Kota Bandung maupun di Gedung Pakuan. Para tour guide ini sudah termasuk fasilitas yang disediakan secara cuma-cuma bagi pengunjung.

Jadwal berwisata ke Gedung Pakuan maupun Pendopo Kota Bandung untuk umum hanya dapat dilakukan pada weekend (akhir pekan) tepatnya setiap hari Sabtu dan Minggu. Waktu kunjungan ke masing-masing bangunan bersejarah itu pun telah ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Pemprov Jabar mulai membuka Gedung Pakuan sebagai destinasi wisata sejarah untuk umum pada Sabtu dan Minggu, 4 dan 5 Mei 2024. Sedangkan Pemkot Bandung membuka Pendopo Kota Bandung untuk dapat dikunjungi wisatawan mulai Sabtu dan Minggu, 11 dan 12 Mei 2024.

Waktu kunjungan wisata ke Gedung Pakuan dibagi 2 (dua) sesi, yakni Sesi 1 (Pagi) jam 09.00-11.00 WIB dan Sesi 2 (Siang) jam 13.00-15.00 WIB. Cara pesan tiket masuk gratis ke Gedung Pakuan secara online dapat dilakukan melalui aplikasi Sapawarga.

Syarat dan ketentuan reservasi tiket masuk Gedung Pakuan antara lain, pemesanan di aplikasi Sapawarga hanya dibuka pada Rabu hingga Jumat. Masyarakat bisa pesan tiket H-3 kunjungan, dan maksimal memesan 5 tiket per akun dengan kuota kunjungan per sesi sebanyak 80 tiket.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah