Wisata Baru Museum Lembah Cisaar di Sumedang, Simpan Ragam Fosil Binatang Purba Berusia Jutaan Tahun

- 31 Agustus 2023, 07:20 WIB
Pemkab Sumedang menghadirkan Museum Lembah Cisaar sebagai objek wisata baru yang menampilan fosil binatang purba.
Pemkab Sumedang menghadirkan Museum Lembah Cisaar sebagai objek wisata baru yang menampilan fosil binatang purba. /HUMAS SUMEDANG

PRFMNEWS – Museum Situs Purbakala Lembah Cisaar menjadi destinasi wisata baru yang terletak di Kantor Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang. Museum ini diresmikan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Kamis 24 Agustus 2023 lalu.

Site Museum Lembah Cisaar menyimpan koleksi fosil binatang purba usia jutaan tahun yang ditemukan di Jembarwangi dan Darmawangi pada 2004.

Diantaranya gading Gajah Stegodon, tempurung kura-kura, gigi Buaya Gavialis, gigi kuda nil, gigi babi, gigi banteng, gigi hiu, rahang rusa, dan tengkorak rusa.

Baca Juga: Begini Cara Menuju Tempat Wisata Alam dan Budaya Geotheater Sumedang Lewat Tol Cisumdawu

Site Museum Lembah Cisaar juga menceritakan awal mula ditemukannya fosil, hingga direkonstruksi di Museum Geologi Bandung.

"Terima kasih kepada Museum Geologi Bandung yang sudah membantu merekonstruksi fosil ini, sehingga sekarang bisa ditampilkan di Site Museum Lembah Cisaar Desa Jembarwangi ini," ujar Wabup Erwan.

Erwan berharap adanya site museum ini dapat memicu banyaknya orang yang datang ke Jembarwangi.

"Mudah-mudahan jadi salah satu destinasi wisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jembarwangi dan Darmawangi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah