Jokowi Sebut Potensi Bendungan Sukamahi Sebagai Destinasi Wisata di Bogor

- 23 Desember 2022, 20:40 WIB
Presiden Joko Widodo kembali meresmikan salah satu bendungan kering yang diharapkan mampu mengendalikan banjir ibu kota yaitu Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat, 23 Desember 2022.
Presiden Joko Widodo kembali meresmikan salah satu bendungan kering yang diharapkan mampu mengendalikan banjir ibu kota yaitu Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat, 23 Desember 2022. /Muchlis JR, Biro Pers Setpres/

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan salah satu bendungan kering yang diharapkan mampu mengendalikan banjir ibu kota yakni Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Jumat, 23 Desember 2022.

Dibangun sejak 2016 lalu, Bendungan Sukamahi merupakan salah satu bendungan yang menerapkan konsep bendungan kering (dry dam).

Bendungan Sukamahi ini dibangun dengan fungsi mereduksi banjir s besar 30,5 meter per detik.

Baca Juga: Sampai H-3 Natal, 769 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Jokowi menyebut, Bendungan Sukamahi ini menyimpan potensi besar untuk untuk menjadi area wisata, karena gaya arsitektur bendungan yang apik.

"Kalau kita lihat arsitekturalnya ini sangat bagus untuk wisata, baik (bendungan) Ciawi dan Sukamahi. Dua-duanya akan dipakai untuk wisata,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko menjelaskan bahwa sebagai kawasan wisata, pemerintah telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung yang dapat dimanfaatkan masyarakat saat berkunjung ke Bendungan Sukamahi.

Baca Juga: Akhirnya, KAI Luncurkan Perjalanan Perdana KA Panoramic dengan Tiket Tarif Promo di Masa Libur Nataru

Fasilitas yang telah dipersiapakan pemerintah diantaranya ialah penginapan, taman, rumah kaca (greenhouse), dan tempat ibadah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x