Wasit Liga 1 Mulai Lakukan Simulasi Penggunaan VAR

- 20 Februari 2024, 18:30 WIB
Wasit mengecek VAR dalam tahapan simulasi yang digelar PT LIB.
Wasit mengecek VAR dalam tahapan simulasi yang digelar PT LIB. /PT LIB

PRFMNEWS - Keseriusan penerapan video assistent referee atau VAR di Liga 1 masih terus dilakukan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Bahkan kini persiapan penerapan VAR di Liga 1 sudah mulai memasuki fase akhir yaitu tahapan simulasi.

Simulasi penerapan VAR dilakukan di lapangan JSI Resort Bogor, Jawa Barat yang dijadwalkan digelar pada 15 hingga 20 Februari 2024.

Simulasi ini merupakan tahapan cukup penting karena merupakan sesi terakhir untuk melihat sejauh mana kesiapan berbagai elemen mulai dari SDM, hingga peralatan VAR yang akan digunakan di Liga 1 nanti.

Baca Juga: Persiapan Penggunaan VAR di Liga 1 Terus Dimatangkan, Instruktur dari Luar Negeri Didatangkan

Dalam tahapan ini, para wasit dan asisten wasit (VAR dan AVAR) yang telah lolos dari tahapan seleksi awal akan menjalani simulasi lewat pertandingan langsung. Di lapangan juga disediakan ruang operasi video (VOR), serta layar monitor di pinggir lapangan.

"Seluruh perangkat pada uji coba ini persis seperti yang digunakan di Piala Dunia U-17 kemarin. Alat dari Hawk-Eye yang akan kita pakai di kompetisi domestik, memang sama seperti yang digunakan pada event besar FIFA, maupun kompetisi liga di negara-negara lain," ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

Tahapan simulasi ini dilakukan sebelum memasuki babak berikutnya yang tak kalah penting, yaitu trial yang akan dilakukan oleh FIFA.

Rencananya, perwakilan FIFA akan hadir pada 1 hingga 8 Maret mendatang, untuk memantau kesiapan seluruh perangkat VAR baik SDM maupun peralatan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x