Persiapan Penggunaan VAR di Liga 1 Terus Dimatangkan, Instruktur dari Luar Negeri Didatangkan

- 7 Desember 2023, 08:00 WIB
Pelatihan VAR kepada para wasit, asisten wasit, dan replay operator.
Pelatihan VAR kepada para wasit, asisten wasit, dan replay operator. /PT LIB/

PRFMNEWS - Persiapan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2023/2024 terus dimatangkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Terbaru, PT LIB telah mengonfirmasi bahwa Hawk-Eye Innovations sebagai penyedia teknologi VAR yang ditargetkan mulai digunakan Februari 2024 mendatang.

Sebagai bagian dari mematangkan penggunaan VAR di Liga 1, digelar pelatihan VAR fase ketiga pada tahap 2 yang digelar pada 4 sampai 19 Desember 2023.

Latihan VAR ini diikuti oleh 18 wasit, 36 asisten wasit, dan 16 replay operator. Kegiatan ini merupakan agenda lanjutan dari VAR Training fase ketiga tahap 1 untuk Replay Operator yang digelar November lalu.

Baca Juga: VAR Ditargetkan Mulai Dipakai di Liga 1 Mulai Pekan 24

Pelatihan yang digelar di Jakarta ini dihadiri oleh para ahli VAR internasional yakni dari Hawk-Eye Innovations yang akan memberikan pemahaman mendalam tentang implementasi dan penggunaan teknologi ini.

Dalam pelatihan ini dihadirkan instruktur dari FIFA yaitu Subkhidin (Malaysia) dan Tamer Dorry (Mesir). Sementara dari Hawk-Eye Innovations di antaranya Lewis Watterson, Florencia Silvetti Odiozabal dan Tilen Nastran.

Kesepakatan dengan Hawk-Eye Innovations akan berlangsung dalam empat musim ke depan. Itu artinya LIB dan Hawk-Eye Innovations akan bekerja sama hingga akhir musim 2027/2028.

Baca Juga: VAR Ditargetkan Dipakai di Liga 1 Mulai Pekan 24, LIB Terus Matangkan Persiapan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah