Permintaan STY Terkabul, DPR Setujui Naturalisasi Pesepakbola Asing ini untuk Gabung di Timnas Indonesia

- 9 November 2022, 18:27 WIB
Shayne Pattynama dinaturalisasi jadi pemain Timnas Indonesia.
Shayne Pattynama dinaturalisasi jadi pemain Timnas Indonesia. /Instagram/@pssi

PRFMNEWS – Permintaan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) untuk lakukan proses naturalisasi pemain sepak bola berkewarganegaraan asing Shayne Elian Jay Pattynama atau disapa Shayne Pattynama akhirnya terwujud.

Shayne Pattynama telah disetujui menjadi pemain naturalisasi yang akan bergabung di Timnas Indonesia oleh Komisi X DPR RI membidangi olahraga dan Komisi III membidangi Hukum, HAM, dan Keamanan.

Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan, proses naturalisasi atau pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Shayne Pattynama ini diinginkan STY karena adanya kebutuhan pemain belakang.

Baca Juga: Kabar Duka: Sesepuh Sunda Tjetje Hidayat Padmadinata Meninggal Dunia

Ketum PSSI menjelaskan, persetujuan naturalisasi tersebut diputuskan dalam Rapat Kerja yang digelar bersama dirinya, Menpora Zainudin Amali, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej, serta dihadiri pula oleh Pattynama di Ruang Rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 9 November 2022 pagi.

Sebelum diputuskan, Menpora Amali, Ketum PSSI, dan Wakil Menkumham terlebih dahulu memaparkan terkait alasan dan dasar hukum maupun teknis dalam pengajuan pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Pattynama.

Setelah pemaparan dari ketiganya, kemudian secara bergantian anggota Komisi III DPR RI menyampaikan pandangan, catatan, dan sikap persetujuan atas permintaan tersebut.

“Komisi III DPR RI menyetujui pemberian kewarganegaraan RI atas Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR-RI Adies Kadir selaku pimpinan rapat kerja kali ini.

Baca Juga: Seleksi ASN Pemprov Jabar 2022 Telah Dibuka, Klik Link di Bawah Ini Untuk Syarat dan Ketentuannya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x