Jokowi: Pandemi Membangkitkan Memori Budaya Tangguh Bencana

- 9 November 2020, 22:21 WIB
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas terkait program Perhutanan Sosial
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas terkait program Perhutanan Sosial /dok Biro Pers Sekretariat Presiden

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo menilai, pandemi Covid-19 yang menghantam Indonesia membangkitkan kembali memori budaya masyarakat yang tangguh bencana.

Menurutnya, selama delapan bulan Indonesia dihadapi pandemi virus corona ini membuat kearifan-kearifan lokal kembali muncul, salahsatunya meminum jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Saat pandemi datang, memori budaya masyarakat tangguh bencana kembali hidup. Sembari terus memupuk solidaritas, gotong royong, dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi, masyarakat kembali berupaya menghidupkan kearifan lokal seperti mengangkat lagi jamu-jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan sebagainya," tulis Jokowi dalam akun instagram resminya @jokowi, Senin 9 November 2020.

Baca Juga: Sampaikan Salam Hangat pada Joe Biden Usai Menang di Pilpres AS, Jokowi: RI Siap Perkuat Kemitraan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Selain itu Jokowi bersyukur bahwa bangsa Indonesia mewarisi sikap optimistis dan pantang menyerah yang terbentuk dari tantangan alam dan kondisi geografis Nusantara.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, selama berabad-abad, nenek moyang bangsa Indonesia berusaha bersahabat dengan semua tantangan itu dan menjaga harmoni dengan alam lingkungan, membangun kebudayaan dan nilai-nilai keutamaan di atasnya.

"Mari kita terus berkarya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mari terus menggali kearifan lokal untuk memperkuat kemampuan kita dalam menghadapi bencana," pungkasnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah