Joe Biden Menangi Pilpres AS, INDEF: Dampak Ekonominya Sudah Terasa ke Indonesia Seminggu Terakhir

- 9 November 2020, 10:21 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.*
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.* /PRFMNEWS

 

PRFMNEWS - Kemenganan Joe Biden dalam kontestasi Pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) 2020 sudah berdampak terhadap perekonomian Indonesia.

Ekonom INDEF Bhima Yudhistira bahkan menyebut, dampak tersebut sudah terasa satu minggu terakhir sebelum penutupan Pilpres AS.

Dia melihat investor luar sudah mulai berani masuk ke Indonesia dan negara berkembang lainnya.

"Dampaknya sudah terasa bahkan pada minggu terakhir sebelum penutupan Pemilu. Kita lihat investor sudah mulai berani masuk ke Indonesia dan negara berkembang," kata Bhima saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu 9 November 2020.

Baca Juga: Cegah Kericuhan, Trump Harusnya Segera Sampaikan Pidato Kekalahan pada Pilpres Amerika Serikat

Baca Juga: Siapapun Presiden Amerika, Guru Besar UI Nilai Kerja Sama Indonesia-AS Tak akan Terdampak Signifikan

Bhima mengatakan, sebelumnya para investor sempat khawatir Donald Trump kembali memenangkan Pilpres AS. Namun dalam perkembangannya, Joe Biden-lah yang unggul.

Kemenangan mantan Wakil Presiden di masa kepemimpinan Barack Obama itu membawa angin segar bagi pelaku pasar dunia.

Soalnya, kebijakan Biden cenderung menurunkan tensi perang dagang, memberikan stimulus yang lebih besar untuk kelas pekerja di AS, serta kebijakannya pro terhadap lingkungan.

Kebijakan Biden tersebut ujar Bhima banyak menguntungkan Indonesia secara langsung.

Bukan hanya dari sektor keuangan, tapi juga akan menguntungkan sektor perdagangan dan investasi dalam jangka panjang.

"Contohnya, kita ini penghasil kelapa sawit terbesar, tapi Biden pro terhadap lingkungan sehingga ada tantangan tidak semua produk sawit dan turunannya bisa unggul. Karena dengan adanya hambatan sertifikasi lingkungan yang lebih ketat misalnya, membuat beberapa perusahaan sawit yang belum memiliki sertifikasi susah bersaing," katanya.

Baca Juga: Menangi Pilpres AS, Joe Biden Dinilai Bakal Bangkitkan Kembali Reputasi AS Sebagai Negara Adidaya

Baca Juga: Naik, Berikut Harga Emas Logam Mulia Update Senin 9 November 2020

"Tapi kalau lihat selain sawit, ada yang diuntungkan dengan pemulihan ekonomi lebih cepat, misalnya adalah produk baju, pakaian jadi, sepatu, sampai cokelat, vanila, kopi itu semua akan diuntungkan dengan adanya pemulihan ekonomi di AS yang lebih baik," katanya.

Namun yang lebih penting adalah Indonesia harus bisa memanfaatkan keuntungan-keuntungan yang bakal dihadirkan Biden tadi.

Karena akan percuma jika Indonesia tidak bisa memanfaatkannya.

"Kalau Indonesia tidak memanfaatkannya percuma juga, negara lain seperti Vietnam, Thailand, Malaysia yang lebih siap untuk mengambil peluang itu," katanya.

Sementara mengenai perang dagang Amerika-China dia mengatakan, bahwa kebijakan Biden akan berbeda dengan Trump.

Biden kata dia dalam perang dagang ini akan lebih mengedepankan pendekatan institusional.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20, Lapangan UNPAD, IPDN, Sidolig dan Beberapa Lapangan Lain Direnovasi

Baca Juga: Kabar Duka, Mantan Kiper Persija Daryono Meninggal Dunia

Ini berbeda halnya dengan Trump yang terlalu konfrontatif dengan menaikan tarif produk yang bukan hanya barang tapi juga teknologi dari China. Hal itu ternyata malah merugikan masyarakat AS.

"Mereka (masyarakat) ingin mengimbangi kekuatan China ini bukan dengan cara perang dagang yang eskalasinya merugikan, tapi dengan negosiasi dengan cara-cara yang lebih halus," katanya.

Dengan pengalamannya sebagai mantan Wakil Presiden, Biden kata Bhima dapat melakukan pendekatan institusional untuk mengimbangi kekuatan ekonomi China.

"Biden punya pengalaman sebelumnya jadi wakil (Wakil Presiden) Barack Obama, dia lebih ke pendekatan institusional tidak ngancem-ngancem, tapi lebih bisa memberikan suasana tenang. Harapannya dengan cara itu, tensi perang dagang akan mereda," katanya.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x