Joe Biden Menang, Guru Besar Ingatkan Indonesia untuk Hati-Hati dalam Industri Perdagangan Sawit

- 8 November 2020, 10:04 WIB
Ilustrasi perkebunan Sawit di Riau
Ilustrasi perkebunan Sawit di Riau /Pikiran-rakyat.com

PRFMNEWS - Kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat diproyeksikan membawa angin segar bagi dunia. Implikasi dari kemenangan Joe Biden juga akan dirasakan Indonesia.

“Indonesia tetap akan dipandang sebagai salah satu andalan AS di Asia Tenggara,” ungkap Guru Besar FISIP Unpad Prof. Arry Bainus, dalam diskusi “Satu Jam Berbincang Ilmu” yang digelar Dewan Profesor Unpad secara virtual, Sabtu 7 November 2020.

Kendati demikian ada sejumlah poin yang disoroti Arry jika benar Joe Biden terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Di antaranya isu lingkungan, pendidikan, ekonomi, hingga urusan diplomasi dan keamanan.

Baca Juga: Masyarakat yang Sebar atau Simpan Konten Pornografi Bisa Diancam Kurungan dan Denda Miliaran Rupiah

Di sektor lingkungan, Arry memprediksikan, Indonesia harus berhati-hati dalam melakukan perdagangan kelapa sawit.

“Komitmen Joe Biden yang akan membawa AS kembali masuk ke sejumlah isu global akan cenderung mengikuti Uni Eropa dalam melarang perdagangan yang berbau ‘merusak lingkungan’ seperti deforestasi, kebakaran hutan, hingga pembalakan liar,” jelasnya.

Sementara di sektor pendidikan, Indonesia punya peluang kerja sama dalam pemberian beasiswa bagi WNI serta kerja sama dalam pengembangan riset dan teknologi.

Baca Juga: Catatan Pengamat Jika Joe Biden Menang di Pilpres AS: Harus Bersatu dan Jangan Ada Pelanggaran HAM

Peluang ini didasarkan atas kebijakan imigrasi yang terbuka dan pemberian kesempatan bagi tenaga ahli dari seluruh dunia untuk mengembangkan bakatnya di AS.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x