Mendikbud Perbolehkan Daerah Berstatus Zona Hijau dan Kuning Laksanakan Belajar Tatap Muka

- 4 November 2020, 22:07 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim //Dok Kemendikbud.

PRFMNEWS – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut daerah yang berstatus zona hijau dan kuning dalam penebaran Covid-19 boleh menggelar metode pembelajaran tatap muka.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menambahkan pada daerah-daerah tersebut pun banyak ditemukan adanya keterbatasan fasilitas. Seperti di antaranya tak ada akses internet.

"Teman-teman kita di zona kuning dan hijau, yang banyak sekali tidak punya akses terhadap internet, Kemendikbud dan empat kementerian lain langsung mengambil sikap, daerah zona hijau dan kuning pandemi Covid boleh buka tatap muka," ucap Nadiem Makarim saat dirinya berdialog dengan para guru dan kepala sekolah di Kota Palu, Rabu 4 November dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: ShopeePay dan Kitabisa.com Sinergi untuk Bantu UMKM Pulih Saat Pandemi

Nadiem menyebut, kebanyakan daerah yang terdampak Covid-19 yang merupakan daerah tertinggal dan terluar. Namun, ternyata masih dalam zona hijau dan kuning banyak yang memiliki keterbatasan, salah satunya tidak memiliki akses internet.

Berbanding terbalik dengan daerah yang masih berstatus zona oranye dan merah. Daerah-daerah yang ada dalam kategori tersebut masih belum diperkenankan melaksanakan KBM tatap muka.

Di sela-sela kunjungannya, kepada para guru dan kepala sekolah dan pemerintah di Sulawesi Tengah, Nadiem mengatakan bahwa model pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan oleh pemerintah melalui Kemendikbud pada dasarnya menjadi satu kebijakan yang tidak diinginkan oleh Kemendikbud itu sendiri.

Baca Juga: Satroni Rumah yang Ditinggal Pergi Pemilik, Maling Panen Perabotan Rumah Tangga

"Tidak ada di pemerintah pusat yang menginginkan PJJ. Saya tidak menginginkan PJJ," ungkap Nadiem Makarim.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x