Kongres Pemuda, Cikal Bakal Berkumandangnya Sumpah Pemuda

- 28 Oktober 2020, 13:35 WIB
Diorama Sumpah Pemuda.
Diorama Sumpah Pemuda. /Dok Musem Sumpah Pemuda.



PRFMNEWS
- Hari ini, Rabu 28 Oktober 2020 diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda di Indonesia. Bagaimana awal mulanya setiap tanggal 28 Oktober menjadi hari yang diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda?

Dimulai dari nama Sumpah Pemuda, nama ini lahir pada saat Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu dari tanggal 27-28 Oktober pada tahun 1928 di Jakarta.

Kongres tersebut menghasilkan sebuah keputusan yang disebut Sumpah Pemuda dengan harapan menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

 

Baca Juga: Hari Pertama Libur Panjang, Exit Tol Pasteur Dipadati Kendaraan Plat Luar Bandung

Keputusan Kongres Pemuda Kedua tersebut kini dicantumkan pada sebuah prasasti di Museum Sumpah Pemuda di Jl. Kramat Raya No.106, DKI Jakarta.
Berikut bunyi dari putusan tersebut :

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua
Kami putra dan putri Indonesia mengakoe berbangsa satu, bangsa Indonesia.

Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


Ikrar ini dirumuskan oleh Mohammad Yamin yang pada saat itu menjabat sebagai Sekretaris pada Kongres Pemuda Kedua, lalu dibacakan di akhir kongres oleh Sugondo Djojopuspito selaku ketua dari kongres.

Baca Juga: Ratusan Wisatawan yang Berkunjung ke Kabupaten Bandung di-Rapid Test Acak Setiap Harinya

Kongres Pemuda Kedua ini juga dihadiri oleh berbagai organisasi pemuda yang ada pada saat itu, antara lain Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan lainnya.

Sedangkan penetapan 28 Oktober mulai diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda pada tahun 1959 melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.*** (Nadya Kinasih Alkautsar/JOB)

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Museum Sumpah Pemuda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x