Restoran dan Kafe di Jakarta Wajib Data Pengunjungnya Lewat QR Code

- 14 Oktober 2020, 18:31 WIB
Penerapan Protokol kesehatan di restoran
Penerapan Protokol kesehatan di restoran /Tangkapan layar/kemenparekraf.go.id

PRFMNEWS - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta mewajibkan tempat usaha restoran maupun kafe untuk melakukan pendataan karyawan maupun pengunjung secara elektronik. Pendataan bisa berbasis aplikasi atau dengan QR Code.

Plt Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, pendataan secara elektronik ini bertujuan untuk memudahkan penulusuran atau tracing jika ada karyawan maupun pengunjung yang terkonfirmasi Covid-19.

"Pendataan ini supaya bisa melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19 apakah itu pekerjanya atau pengunjungnya terkonfirmasi, jadi gampang mendeteksinya. Sehingga peningkatan jumlah penyebaran bisa kita tekan," ungkap Andri, Rabu 14 Oktober 2020.

Baca Juga: ShopeePay Day Digelar 15 Oktober Hadirkan Solusi Belanja Hemat Sambut Shopee 11.11 Big Sale

Andri mengatakan, pendataan elektronik bisa diterapkan pada restoran atau kafe yang berada di dalam suatu kawasan seperti gedung pusat perbelanjaan atau yang bersifat mandiri.

Andri mewajibkan pengelola pusat perbelanjaan atau gedung agar membangun sistem pendataan secara elektronik. Menurutnya, pendataan terhadap karyawan atau pengunjung mal bisa dilakukan mulai dari tempat parkir dan/atau pintu masuk gedung.

Ia menilai, justru lebih baik jika tenant, restoran, atau kafe yang berada dalam suatu kawasan tersebut juga menerapkan hal yang sama berkoordinasi dengan pihak pengelola gedung.

Baca Juga: Antisipasi Bencana akibat La Nina, Kemenhub Petakan 15 Bandara di Daerah Rawan Tsunami

"Kafe, restoran, kios, toko yang ada dalam satu kawasan bisa didata pas masuk parkir. Saling bantu, karena kalau tenant tetangganya ada yang kena, yang ditutup bukan satu tenant atau toko itu saja, tapi keseluruhan gedung," urai Andri.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x