Berubah! Warna dan Desain Baru Paspor Indonesia Resmi Diganti Saat HUT RI 17 Agustus 2025

- 30 Juni 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi paspor
Ilustrasi paspor /Dok. PRFM

PRFMNEWS – Rencana perubahan desain dan warna paspor Indonesia disiapkan untuk resmi diluncurkan dan terbit bertepatan momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 RI, 17 Agustus 2025. Hal ini diungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Silmy Karim.

Silmy menyebut detail informasi desain dan warna baru paspor Indonesia yang akan diganti ditargetkan disampaikan pada HUT ke-79 RI 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), sebelum nantinya resmi diterbitkan pada 17 Agustus 2025.

"Ini dipersiapkan desainnya, dan rencananya akan kita sampaikan ketika 17 Agustus 2024," kata dia di Jakarta, Jumat 28 Juni 2024.

Baca Juga: Makin Mudah! Syarat Bikin Paspor Tak Perlu Lagi Bawa KTP dan KK, Kapan Mulai Berlaku?

Pengumuman terkait perubahan desain dan warna paspor Indonesia pada 17 Agustus 2024 sebelum resmi diganti dan diterbitkan mulai 17 Agustus 2025, menurutnya, adalah untuk memberi semangat perbaikan ke arah yang lebih baik.

“Selain itu, di internal Imigrasi juga bersemangat memberikan karya terbaik dan paling aman. Sebab perubahan warna dan desain paspor Indonesia ini nantinya sejalan dengan peningkatan pengamanan,” terangnya.

Silmy menjelaskan peningkatan pengamanan ini sesuai dengan aturan internasional bahwa keamanan paspor harus diperkuat setiap 3 (tiga) tahun.

Baca Juga: Selain Pos, Imigrasi Gandeng Ojek Online Buka Layanan Kirim Paspor di 5 Wilayah Bandung Raya

Oleh karena itu, salah satu aspek dalam mengganti keamanan adalah warna, di mana di dalamnya perlu ada proses pengecekan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah