Pemerintah Bakal Gelar Upacara 17 Agustus di IKN dan Jakarta Secara Bersamaan

- 12 Juni 2024, 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. Foto: BPMI Setpres/Rusman
Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. Foto: BPMI Setpres/Rusman /

PRFMNEWS - Jelang HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI tahun ini akan digelar di dua lokasi. Upacara 17 Agustus tahun ini akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan juga di Istana Negara Jakarta.

Presiden Joko Widodo menyampaikan alasan kenapa upacara 17 Agustus tahun ini digelar di dua lokasi yaitu di IKN yang akan dipimpinnya, dan di Jakarta yang dipimpin oleh Wapres Ma'ruf Amin.

Alasan upacara 17 Agustus tidak full di IKN, kata Jokowi, karena saat ini masih dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN.

Baca Juga: 76 Paskibraka dari 38 Provinsi Akan Bertugas pada 17 Agustus 2024 di IKN

“Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan, jadi di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan,” ujarnya.

Menurutnya, jika sudah ada keputusan dari Presiden yang baru, maka nantinya upacara HUT RI pada tahun 2025 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara.

“Nah, tahun depan kalau sudah ada keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN saja. Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi transportasi, akomodasi itu tidak mudah, ya,” pungkasnya.

Baca Juga: Jokowi Siap Berkantor di Istana Kepresidenan IKN yang Bakal Selesai Juli Nanti

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkap skema perayaan upacara HUT RI pada 17 Agustus yang akan digelar di Istana Negara Jakarta dan di IKN.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah