Diterapkan Bertahap, Sistem MLFF Bayar Tol Tanpa Berhenti Bikin Tarif Tol Naik? Ini Kata Menteri PUPR

- 29 Mei 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi Teknologi MLFF
Ilustrasi Teknologi MLFF /Pexels/ThisisEnginering

PRFMNEWS – Jadwal penerapan sistem bayar tol non tunai nirsentuh tanpa kendaraan berhenti di gerbang tol atau disebut Multi Lane Free Flow (MLFF) akan dilakukan secara bertahap di jalan tol Indonesia mulai akhir tahun 2024. Hal ini diungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Dari hasil uji coba pada Desember 2023 di ruas tol Bali Mandara masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi, termasuk teknis dan manajerial. Saat ini sudah ada solusi dari sisi manajerialnya. Saya optimis MLFF akan diimplementasikan secara bertahap dengan masih single lane atau hybrid masih dengan kartu (e-toll)," kata Basuki Hadimuljono, Selasa 28 Mei 2024.

Menteri PUPR menyatakan saat sistem MLFF berlaku, tidak akan ada penambahan biaya atau perubahan tarif tol bagi para pengguna jalan tol di Indonesia. Sehingga Menteri Basuki memastikan tarif tol tidak akan ikut naik ketika sistem bayar tol tanpa kendaraan harus berhenti ini sudah diterapkan di jalan tol di Indonesia.

"Tidak akan ada membebani pengguna tol dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), termasuk tidak ada perubahan tarif dengan adanya MLFF ini," ujar Basuki.

Penerapan sistem bayar tol MLFF, imbuh dia, sudah ditetapkan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) karena salah satu tujuan utamanya untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan tol, bukan untuk kepentingan BUJT atau Pemerintah.

“Proyek MLFF memiliki peran penting dan berdampak positif serta akan melibatkan sinergi dari banyak sektor baik dari institusi maupun sektor industri. Hal ini sekaligus menunjukkan keseriusan Pemerintah dalam mewujudkan implementasi MLFF di jalan tol agar dapat terlaksana,” terangnya.

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan sistem MLFF akan diterapkan secara bertahap, yaitu Single Lane Free Flow (SLFF) dengan barrier dan tapping (hybrid), dilanjutkan masa transisi dimana diterapkan SLFF dengan barrier. Pada tahap selanjutnya yaitu SLFF tanpa barrier hingga penerapan MLFF secara penuh.

Pada penerapannya dibutuhkan teknologi GNSS dengan media aplikasi Cantas yang juga sebagai penyimpan saldo uang elektronik untuk keperluan transaksi pembayaran tol.

Nantinya, pelaksanaan SLFF akan diterapkan secara bertahap dimulai dari uji coba ruas Jalan Tol Bali Mandara. Kemudian ketika sudah berhasil akan dilakukan perluasan layanan kepada ruas lainnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah