Pemprov Jabar Ungkap Penyakit yang Kerap Muncul Usai Lebaran

- 15 April 2024, 09:00 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Vini Adiani Dewi paparkan penyakit khas pasca lebaran
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Vini Adiani Dewi paparkan penyakit khas pasca lebaran /Dok Humas Jabar

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengungkap apa saja penyakit yang kerap muncul usai Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Vini Adiani Dewi memaparkan, Beberapa penyakit khas usai lebaran yang perlu diwaspadai yakni kolesterol tinggi, mag dan gerd, diare, serta flu dan batuk.

Vini mengatakan, penyakit-penyakit itu biasanya muncul karena pola makan yang berlebih tujuh hari pertama setelah berhenti berpuasa. Kondisi perut dan sistem pencernaan yang sudah terlatih kosong selama sebulan, tiba-tiba diisi makanan dengan porsi banyak dan berat, bisa menyebabkan diare.

Baca Juga: Disetujui Jokowi, Aturan WFH Selama 2 Hari Usai Libur Lebaran 2024 Resmi Ditetapkan Pemerintah

Sementara makanan berlemak dan bersantan seperti opor ayam atau ase cabe, maupun rendang, jika dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan kolesterol tinggi, mag, dan gerd.

Sedangkan flu dan batuk, biasanya muncul karena badan yang sudah terlalu lelah akibat aktivitas silaturahim dan mudik, tidak bisa menoleransi kondisi cuaca ekstrem.

"Flu dan batuk hingga diare dan mag, itu yang sering muncul karena makan sembarang dan perubahan cuaca di lokasi mudik. Apalagi yang mudik di wilayah pantura," kata Vini.

Baca Juga: Ada 6 Jenis Penyakit yang Paling Sering Ditangani Posko Kesehatan Jabar Selama Arus Mudik hingga H+2 Lebaran

Vini juga mengingatkan kepada penderita diabetes agar membatasi makan ketupat yang cenderung karbohidrat padat, serta makan kue dan minum minuman manis.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah