Ada 6 Jenis Penyakit yang Paling Sering Ditangani Posko Kesehatan Jabar Selama Arus Mudik hingga H+2 Lebaran

- 13 April 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi Mudik Lebaran 2024
Ilustrasi Mudik Lebaran 2024 /ANTARA/Yulius Satria Wijaya

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menyiagakan 293 posko kesehatan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Sebanyak 423 dokter bersiaga selama 24 jam secara bergiliran di 293 posko kesehatan Jabar.

Selain dokter, di posko kesehatan Jabar bersiaga sebanyak 1.981 perawat, 1.375 bidan, 46 tenaga kesehatan tradisional (nakestrad), dan 971 nakes lainnya.

Baca Juga: Hati-hati, 10 Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran

Selama arus mudik, petugas posko menemukan berbagai gangguan kesehatan dasar pemudik yang ditangani, yaitu sebanyak enam jenis penyakit meliputi gastritis, hipertensi, cephalgia (nyeri kepala), influenza, vulnus laceratum/punctum, dan tension headache.

Jumlah pengendara yang mendapatkan pelayanan dasar kesehatan sebanyak 18 orang, untuk penanganan gastritis sebanyak enam orang di Kota Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya, hipertensi sebanyak empat orang di Kota Bandung dan Kabupaten Pangandaran dan cephalgia (nyeri kepala) sebanyak satu orang di Kota Bandung.

Kemudian penanganan influenza sebanyak lima kasus di Kota Bandung yakni, vulnus lapceratum/punctum sebanyak satu orang di Kota Bandung dan tension headache sebanyak satu orang di Kota Bandung.

Baca Juga: Pengelola Kebun Binatang Bandung Persilakan Pengunjung Bawa Makanan dari Luar untuk 'Botram'

"Dari enam jenis penyakit yang ditangani  itu paling banyak pemudik mengalami gastritis ada enam orang," kata Sekda Jabar, Herman Suryatman saat ditemui awak media di Kota Bandung, Jumat 12 April 2024.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah