Mengapa Biaya Swab Test Mahal? Begini Penjelasan Pakar Mikrobiologi

- 3 Oktober 2020, 11:24 WIB
Ilustrasi tes usap atau swab test.
Ilustrasi tes usap atau swab test. /Pikiran-rakyat.com/Ade Bayu Indra/

PRFMNEWS - Pakar Mikrobiologi Klinik Unpad, dr Sunaryati Sudigdoadi
membeberkan alasan tes Covid-19 dengan metode reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) atau tes swab untuk mendeteksi virus Covid-19 lebih mahal dari tes antibodi (antigen) atau lebih dikenal dengan rapid test.

Menurutnya setiap fasilitas kesehatan yang dapat melakukan swab test PCR akan memperhitungkan biaya yang keluar atau investasi mulai dari pemeliharaan alat, pembuatan laboratorium khusus, hingga ketersediaan SDM.

"Harga alat harus investasi. Kemudian maintenance alat jadi perhitungan. RS Swasta butuh bantuan, kalau menjalankan realtime PCR harus ada laboratorium khusus dan itu perlu biaya," katanya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel 107,5 News Channel, Sabtu 3 Oktober 2020.

Baca Juga: Sah ! Pemerintah Tetapkan Tarif Maksimal Swab Test Mandiri Rp900 Ribu

Selain investasi alat dan SDM, lanjut dr Sunaryati hal terpenting dari PCR adalah pemilihan reagen. Reagen sendiri adalah ekstraksi yang digunakan dalam pengecekan spesimen. Reagen ini berisi sejumlah senyawa kimia untuk mendeteksi virus penyebab penyakit Covid-19.

Tak hanya itu menurut dr Sunaryati beberapa alat pengetesan ini kebanyakan dirakit di luar negeri. Di Indonesia, tidak ada pabrik yang memiliki kapasitas membuat kit PCR.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Harga Maksimal Swab Test Mandiri, ARSSI : Kenapa Rp900 Ribu?

"Reagen yang dipakai beragam harganya ada produk China atau Korea. Sehingga hasil yang dikeluarkan tepat. Bisa saja pakai reagen paling murah tapi hasilnya tidak akurat. Belum lagi untuk transportasi reagennya," jelasnya.

Dengan semua komponen tersebut, dapat dipastikan jika biaya swab test di RS Swasta akan menelan biaya senilai Rp2 juta.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x