Pemerintah Sebut PSBM Lebih Baik Ketimbang PSBB dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

- 3 Oktober 2020, 06:58 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito /covid19.go.id

PRFMNEWS - Pemerintah menyebut Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) yang diterapkan di beberapa daerah seperti di Jawa Barat berhasil menekan angka penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, beberapa daerah yang menerapkan PSBM pada skala Kecamatan dan Kelurahan diklaim mampu mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Maka dari itu diarahkan Presiden Joko Widodo agar kita mampu selain melakukan PSBB, untuk bisa fokus lebih kecil lagi di mana kasus itu berada,” ungkapnya, Kamis 1 Oktober 2020, di Jakarta.

Baca Juga: Netizen Ramai-Ramai Laporkan Listrik di Wilayah Bandung Timur Padam Sejak Subuh, Ini Jawaban PLN

Wiku menerangkan dengan keberhasilan PSBM, maka daerah lain sekitarnya yang masih dalam satu kabupaten atau kota yang sama, atau provinsi yang sama, tidak harus melakukan PSBB. Mengingat penanganan masalah harus dilakukan pada titik penularan tersebut.

Baca Juga: Anggaran Terbatas, Pemkot Bandung Harap Pengusaha Beri Dana CSR Untuk Pemeliharaan Taman

Sementara itu terkait penanganan pasien tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG), disampaikan Wiku, pemerintah sedang mempersiapkan hotel berbintang dua dan tiga, kerja sama Kementerian Pariwisata dan PHRI serta pemerintah daerah setempat.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Sekretariat Kabinet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x