Kapan Tol Japek II Selatan Dibuka Pada Masa Arus Mudik ini? Jasa Marga Beri Jawaban

- 8 April 2024, 05:00 WIB
Tol Japek II Selatan arah Jakarta diperasikan hari ini Minggu 1 Januari 2023.
Tol Japek II Selatan arah Jakarta diperasikan hari ini Minggu 1 Januari 2023. /Dok Jasa Marga

PRFMNEWS - Di masa arus mudik lebaran 2024 ini, PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) menyiapkan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan seksi Sadang-Kutanegara untuk mengurai kepadatan lalu lintas dari arah Bandung ke Jakarta.

Terkait kapan Tol Japek II Selatan ini dibuka, Direktur Utama PT JJS Charles Lendra menegaskan hal ini akan dilakukan sesuai dengan diskresi kepolisian dengan melihat situasi arus lalu lintas.

Adapun jalur Tol Japek II Segmen Sadang-Kutanegara ini memiliki ruas jalan sepanjang 8,5 kilometer.

Nantinya tol fungsional Japek II Selatan uitu akan menjadi alternatif kendaraan dari arah Selatan (Bandung) menuju arah Jakarta, tepatnya pengguna jalan dari Jalan Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) yang menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Baca Juga: Selain Japek, Ini Jalan Tol Alternatif Bandung-Jakarta yang Dibuka Gratis di Masa Mudik Lebaran 2024

Menurut dia, fungsi jalur fungsional ini untuk membantu mengurangi kepadatan di Simpang Susun Dawuan KM 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung dan sekitarnya yang melewati Jalan Tol Cipularang serta lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Pengalihan arus lalu lintas ke Jalur Fungsional Japek II Selatan dilakukan jika terjadi kondisi kepadatan di titik KM 66 Ruas Jakarta-Cikampek mencapai 2 indikator yang disepakati yaitu kepadatan yang mencapai KM 70 GT Cikampek Utama (dari arah Palimanan) dan KM 72 Jalan Tol Cipularang (dari arah Bandung) selama 1 jam, kepadatan di GT Kalihurip Utama sepanjang 5 KM yang mencapai KM 72 Ruas Cipularang) selama 1 jam, serta juga memastikan tidak ada kepadatan lalu lintas pada jalur arteri setelah akses keluar dari jalur fungsional," katanya dikutip dari ANTARA.

Disebutkan bahwa jalur fungsional akan tetap ditutup apabila indikator yang telah disebutkan tadi tidak terjadi, namun secara situasional dapat dioperasikan sesuai dengan diskresi Kepolisian.

Charles menambahkan, untuk masuk jalur fungsional, pengguna jalan dapat bersiap menjelang Ramp 8 akses masuk jalur fungsional yang berada di KM 77 Jalan Tol Cipularang arah Jakarta. Kendaraan dari arah Bandung dapat memilih jalan alternatif SS Sadang-Kutanegara apabila jalur fungsional dibuka.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x