Cara dan Syarat Lengkap Daftar Mudik Gratis PLN 2024 Naik Bus, Kereta Api dan Kapal Laut

- 17 Maret 2024, 08:00 WIB
Pemberangkatan pemudik pada "Mudik Asyik Bersama BUMN" tahun 2023. (ANTARA/HO-PLN UID Jakarta Raya)
Pemberangkatan pemudik pada "Mudik Asyik Bersama BUMN" tahun 2023. (ANTARA/HO-PLN UID Jakarta Raya) /Dok. Antara-HO PLN/

PRFMNEWS - PT PLN (Persero) bersama Kementerian BUMN membuka pendaftaran peserta mudik gratis Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M bertajuk "Mudik Asyik Bersama BUMN" untuk kuota lebih dari 10 ribu orang.

Periode jadwal pendaftaran mudik gratis PLN 2024 sesuai syarat yang ditetapkan ini sudah dibuka sejak tanggal 16 Maret dan akan berakhir pada 18 Maret, atau jika kuota peserta sudah terpenuhi maka proses registrasi akan ditutup lebih awal.

Masyarakat penuhi persyaratan dan sudah daftar sebagai peserta mudik gratis PLN 2024 akan diberangkatkan dari lokasi di Jakarta sebanyak 6.500 orang, sedangkan masing-masing 1.000 peserta akan diberangkatkan dari Bandung, Medan, Makassar dan Balikpapan.

PLN menyediakan moda transportasi kereta api, bus, dan kapal laut yang aman serta nyaman untuk seluruh peserta mudik gratis Lebaran Idul Fitri 2024. Program ini diharapkan mampu mengurangi kemacetan, risiko kecelakaan dan polusi udara.

Program tahunan mudik gratis yang diselenggarakan PLN bersama Kementerian BUMN ini membuka kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di kampung halaman melalui penyediaan transportasi yang aman dan terjangkau.

"PLN menyediakan lebih dari 10 ribu kuota mudik yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan PLN bersama-sama dengan Kementerian BUMN," kata Direktur Utama PLN (Persero) Darmawan Prasodjo di Jakarta, Sabtu 16 Maret 2024.

Darmawan menyebut dengan banyaknya kuota yang disediakan, PLN mengajak seluruh masyarakat yang berminat untuk ikut dan mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk melakukan pendaftaran.

Adapun cara pendaftaran Program Mudik Asyik bersama BUMN 2024, yaitu:

1. Peserta wajib mengunduh aplikasi PLN Mobile
2. Satu akun PLN Mobile hanya bisa digunakan untuk satu kali pendaftaran.
3. Buka Aplikasi PLN Mobile dan klik banner Mudik Asyik bersama BUMN untuk mengisi form pendaftaran.
4. Mengisi data diri dengan sebenar-benarnya, sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk peserta individu dan Kartu Keluarga (KK) untuk peserta keluarga, di mana 1 KK maksimal 4 orang.
5. Formulir wajib diisi oleh calon pemudik dan tidak dapat diwakilkan.
6. Untuk menjaga komitmen peserta mudik pada hari-H keberangkatan, setiap peserta wajib mentransfer uang jaminan sebesar Rp100.000 per orang dan akan dikembalikan dalam bentuk voucher listrik senilai Rp100.000 per orang. Uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan.
7. Jika kuota terpenuhi, maka pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu sebelum waktu yang telah ditetapkan.

Pendaftaran ulang sekaligus konfirmasi akan dilakukan pada 25 Maret hingga 4 April 2024 untuk memastikan jurusan keberangkatan. Untuk keberangkatan dari Jakarta, pengambilan "mudik kit" dan pengembalian jaminan berupa voucher listrik dilakukan di kantor PLN Pusat.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x