Marak Pungli di Lokasi Wisata Jabar, Sandiaga Uno Siapkan Strategi Pencegahan Lewat Cara-cara ini

- 8 Mei 2024, 09:00 WIB
Penangkapan pungli parkir liar di area wisata Santa Sea Waterpark, Jalan Lio Santa, Kota Sukabumi, Selasa 16 April 2024.
Penangkapan pungli parkir liar di area wisata Santa Sea Waterpark, Jalan Lio Santa, Kota Sukabumi, Selasa 16 April 2024. /Humas Polda Jabar/

PRFMNEWS – Buntut video viral aksi pungutan liar (pungli) di lokasi wisata Curug Ciburial, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), beberapa waktu lalu, membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno secara tegas memastikan menyiapkan langkah-langkah pencegahan praktik melanggar aturan dan merugikan masyarakat tersebut.

Menparekraf menyampaikan aksi pungli di tempat-tempat wisata di Jabar harus segera ditangani mengingat masalah tersebut berpotensi menurunkan minat wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

“Oleh karena itu, kita menyiapkan langkah langkah mitigasi. Apalagi sekarang wisata di Jawa Barat ini lagi naik daun banget,” kata Sandiaga Uno di Kota Bogor, Selasa 7 Mei 2024 dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Meresahkan Warga, 2 Pelaku Pungli Parkir Liar di Soreang Bandung Ditangkap Polisi

Menurut Sandiaga, destinasi wisata di Jabar terutama wisata alam curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Bogor tengah digandrungi oleh para wisatawan generasi Z.

Langkah pencegahan aksi pungli di tempat wisata Jabar termasuk air terjun ini, lanjut Sandiaga, dilakukan dengan memberikan edukasi hingga penerapan sanksi sosial agar para pelaku mendapatkan efek jera.

“Bahwa, kita harapkan dia bisa menjadi bagian dari edukasi, agar pariwisata kita aman, nyaman dan menyenangkan,” tuturnya.

Upaya lain, lanjut dia, adalah menyarankan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat menggandeng Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) untuk meningkatan upaya pencegahan pungli agar semakin efektif.

Baca Juga: 2 Cara Cegah Pungli Parkir di Masjid Raya Al Jabbar Bandung yang Direkomendasikan Sandiaga Uno

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah