Pemerintah Jamin Ketersediaan dan Harga Kebutuhan Pokok yang Wajar Selama Ramadhan Hingga Lebaran

- 14 Maret 2024, 13:30 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam raker di DPR RI Rabu, 13 Maret 2024.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam raker di DPR RI Rabu, 13 Maret 2024. /Kemendag/

PRFMNEWS - Saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI Rabu kemarin, Menteri Perdagangan (Mendag) menegaskan komitmen Pemerintah dalam memastikan ketersediaan pasokan dan menjaga harga barang kebutuhan pokok (bapok) wajar selama Ramadhan hingga lebaran idulfitri nanti.

Menurutnya, kepastian ketersediaan kebutuhan pokok dengan harga wajar bisa membuat masyarakat lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah selama Ramadhan ini.

"Pemerintah senantiasa berkomitmen untuk memastikan ketersediaan pasokan dan menjaga harga barang kebutuhan pokok di tingkat yang wajar sehingga masyarakat dapat menunaikan ibadah dengan tenang dan khusyuk pada bulan puasa dan Idulfitri tahun ini," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, Kemendag bekerja sama dengan dinas yang membidangi perdagangan di seluruh Indonesia terus memantau perkembangan ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok secara daring dan harian melalui Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP).

Pemantauan ini dilaksanakan di lebih 600 pasar rakyat di 503 kabupaten/kota pada 38 provinsi seluruh Indonesia. Pemantauan barang kebutuhan pokok di pasar rakyat tersebut menjadi indikasi awal kondisi stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok sehingga dapat dijadikan salah satu dasar dalam pengambilan keputusan untuk menjaga stabilitas harga dan inflasi di level yang telah ditargetkan.

"Berdasarkan pantauan harga di SP2KP per 8 Maret 2024, terdapat beberapa komoditas yang perlu diwaspadai. Tercatat harga rata-rata nasional komoditas tertentu menunjukkan tren kenaikan atau telah di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) atau Harga Acuan (HA), yakni beras, minyak goreng curah, telur ayam ras, dan cabai," terang Zulkifli.

Baca Juga: Pemkot Bakal Subsidi Kebutuhan Pokok di 30 Kecamatan di Kota Bandung

Harga dan stok beras

Salah satu persoalan yang kembali diungkit adalah mengenai stok dan harga beras.

Dalam raker tersebut, Zulkifli kembali menjelaskan pengaruh El Nino yang membuat adanya pergeseran musim panen sehingga pasokan ke pasar berkurang dan kebutuhan yang tetap menyebabkan harga beras meningkat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x