Saat Gempa, Penumpang Whoosh Bisa Tetap Tenang di Perjalanan Berkat Teknologi Canggih ini

- 20 Februari 2024, 14:00 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh.
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. /Dok KCIC

PRFMNEWS – Gempa bumi bisa terjadi kapan saja di Indonesia. Lantas apa yang harus dilakukan penumpang ketika bencana alam ini terjadi saat melakukan perjalanan naik Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh?

"Halo, Sobat Whoosh! Mimin pengen banget beri fasilitas terbaik buat penumpang kereta cepat Whoosh. Salah satunya, ketika gempa terjadi saat operasional kereta dan penumpang yang ada di dalamnya," tulis akun Instagram resmi @keretacepat_id, Senin 19 Februari 2024.

PT KCIC melalui unggahan tersebut menjelaskan Kereta Cepat Whoosh mempunyai teknologi canggih berupa sensor pendeteksi getaran sebelum terjadi gempa. Alat sensor sebanyak 7 unit ini sudah terpasang di sepanjang jalur lintasan Whoosh.

Baca Juga: Bangun Exit Tol Baru, Jasa Marga Tutup Akses KM 00+850 Tol Japek Menuju Stasiun Whoosh Halim

"Pasti tetap tenang, Whoosh memiliki infrastruktur penunjang untuk mendeteksi bencana. Jadi, saat gempa bikin bumi bergoyang, seluruh penumpang bisa tetap tenang," lanjut keterangan unggahan.

Adapun cara kerja alat sensor ini yaitu dengan mengirimkan peringatan kepada masinis Whoosh setelah sistem Disaster Monitoring Center menerima data secara real time.

Setelah sistem melakukan analisa, peringatan terjadi gempa dikirimkan ke masinis Whoosh. Untuk itu penumpang tidak perlu panik, sebab masinis akan mencegah kecelakaan terjadi.

Baca Juga: Layanan Pertiketan Whoosh Segera Ditingkatkan, Cara Pesan dan Refund Tiket Makin Beragam

"Cara kerja sensor gempa, setelah getaran yang terdeteksi, Disaster Monitoring Center akan menerima data secara real time. Setelah sistem melakukan analisa, peringatan akan dikirimkan ke masinis untuk mencegah kecelakaan," imbuh keterangan unggahan. ***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x