Perintahkan Luhut Kawal Percepatan Layanan Digital Termasuk IKD, Jokowi: Ribuan Platform Disatukan

- 9 Januari 2024, 18:30 WIB
MenteriMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
MenteriMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. /Dok Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sejumlah arahan kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju terkait percepatan transformasi layanan digital pemerintah. Untuk mengawal proses ini, Presiden memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Arahan percepatan transformasi layanan digital pemerintah termasuk salah satunya pengembangan dan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital ini disampaikan Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa 9 Januari 2024.

Terkait IKD, Jokowi meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mempercepat pengembangan dan penerapan digital ID atau KTP digital untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan publik.

Baca Juga: Pakai IKD, Urus Buka Rekening Bank Cuma 10 Detik, Bagaimana Cara Buat KTP Digital?

"Paling lambat enam bulan harus sudah selesai. Dan juga Menkominfo untuk segera transformasi kebijakan government cloud untuk mempercepat peningkatan pelayanan digital kita,” tutur Presiden.

Arahan kedua, Jokowi meminta kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas untuk segera mempercepat implementasi sistem pemerintahan berbasis digital.

"Konsolidasikan semua dalam satu portal nasional dan saya pesan sekali lagi perkuat keamanan digital kita," ungkapnya.

Ketiga, Jokowi meminta kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ikut mendukung percepatan transformasi melalui Perusahaan Umum Percetakan Uang RI (Perum Peruri) yang menjadi Government Technology (GovTech) nasional.

"Dan semuanya nanti dikoordinasi oleh Menkomarinves Luhut Binsar Pandjaitan," ucap Jokowi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x