Terminal Baru Tipe A Dibangun di Berbagai Wilayah, Menhub: Lebih Modern Berkonsep Mixed Use

- 27 Desember 2023, 19:30 WIB
Terminal Baru Tipe A
Terminal Baru Tipe A //Dok Kemenhub

PRFMNEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus membangun baru dan mengembangkan dengan merevitalisasi infrastruktur transportasi darat berupa Terminal Tipe A di berbagai wilayah untuk memperkuat konektivitas antarwilayah hingga ke penjuru negeri.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan dan revitalisasi Terminal Tipe A di berbagai wilayah Indonesia menjadi program prioritas pemerintah dalam rangka memperbaiki layanan angkutan bus antar kota antar provinsi maupun dalam provinsi (AKAP/AKDP).

“Kami membangun terminal yang lebih modern dengan konsep mixed use. Yaitu selain sebagai tempat naik turun penumpang, juga menjadi pusat kegiatan sosial, ekonomi, seni dan budaya masyarakat,” ucap Menhub, Selasa 26 Desember 2023.

Baca Juga: Tinggal Klik! 30 Link Twibbon Tahun Baru 2024, Desain Gemoy Terbaru Cocok untuk Posting ke Medsos dan WA

Dengan konsep mixed use, jelas dia, terminal ini juga memiliki sejumlah fasilitas seperti area komersial, kuliner, pelayanan publik, hotel, tempat belanja, ruang serbaguna, dan lainnya. selain itu, juga terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

Menteri Budi menyatakan pembangunan terminal bus perlu terus dilakukan di berbagai wilayah tanah air dengan menghadirkan fasilitas yang semakin baik, sehingga masyarakat akan lebih nyaman ketika menggunakannya.

“Terminal harus bersih dan nyaman agar masyarakat mau menggunakannya. Ini juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan budaya penggunaan transportasi massal,” tutur dia.

Sejak kewenangan pengelolaan Terminal Tipe A dialihkan dari pemerintah daerah dan pusat, ujar Budi, Kemenhub terus berupaya meningkatkan fasilitas terminal agar serupa dengan standar pelayanan di stasiun atau bandara.

Baca Juga: Jembatan Pandansimo, Calon Ikon Baru Jogja Rampung Dibangun 2024 Didesain Indah Tahan Gempa dan Tsunami

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah