Waspada Covid-19 di Libur Nataru, Pemerintah Imbau Masyarakat Disiplin Prokes dan Tidak ke Luar Negeri

- 26 Desember 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi Covid-19. Berikut ini update data terbaru penularan virus corona di Indonesia per hari ini
Ilustrasi Covid-19. Berikut ini update data terbaru penularan virus corona di Indonesia per hari ini /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 di momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang mengalami tren kenaikan kasus di Indonesia dan sejumlah negara tetangga, termasuk Singapura dan Malaysia.

Untuk menekan risiko penularan Covid-19, Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau masyarakat kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) khususnya penggunaan masker.

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat sementara waktu tidak bepergian ke luar negeri khususnya negara yang mengalami tren kenaikan kasus Covid-19.

Baca Juga: Soal Syarat Beli Tiket Kereta Api Seiring Kasus Covid-19 Naik, KAI: Kami Jalankan Arahan Kemenhub

Dengan menerapkan prokes, Sandiaga Uno berharap, aktivitas masyarakat terutama wisatawan di destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif dapat berjalan dengan baik dan berdampak positif terhadap kebangkitan ekonomi, tanpa diiringi risiko penularan kasus Covid-19.

“Saat new normal, kita belajar mengenai cuci tangan, pakai masker, apalagi kalau di sekeliling kita ada yang kurang sehat, dan lengkapi dosis vaksin kita. Itu yang saya mohon kepada seluruh bukan hanya wisatawan tapi seluruh stakeholder di pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, dikutip prfmnews.id pada Senin 25 Desember 2023.

Kewaspadaan terkait penularan Covid-19, imbuh dia, perlu ditingkatkan mengingat menurut proyeksi Kementerian Perhubungan, mobilitas wisatawan ketika akhir tahun 2023 dapat mencapai 107 juta pergerakan. Angka ini naik 144 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Baca Juga: Bandung dan Depok Sumbang Kasus Covid-19 Tertinggi di Jabar, Bey: Tak Ada Pembatasan, Tetap Jaga Prokes

"Untuk itu, kita perlu hati-hati, waspada. Kami tetap optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat membawa kebangkitan ekonomi kita," tutur Sandiaga.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x