Waspada Potensi Cuaca Ekstrem saat Libur Natal dan Tahun Baru

- 20 Desember 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem //Dok PRFM

PRFMNEWS - Masyarakat diimbau mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, cuaca ekstem di sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi terjadi saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Waspadai untuk wilayah Indonesia bagian selatan, termasuk Jawa dan Sumatera bagian selatan itu, setelah Natal hingga sampai setelah tahun baru, awal bulan. Itu potensi hujan lebat bisa sampai ekstrem dapat disertai angin kencang," paparnya dalam keterangan resmi BMKG, Rabu 20 Desember 2023.

Baca Juga: Demo Buruh di Bandung Hari ini Akan Digelar di 2 Lokasi

Dwikorita menjelaskan, potrensi cuaca ekstrem tersebut merupakan dinamika atmosfer akibat posisi Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudera.

Potensi cuaca ekstrem juga perlu diperhatikan sebelum perayaan Natal, terutama di wilayah utara Indonesia, yang berbatasan dengan daerah khatulistiwa.

Baca Juga: Ada Evakuasi Mayat di Atap Rumah di Jalan Muararajeun

"Namun, sebelum Natal, perlu kewaspadaan di wilayah Indonesia bagian utara, terutama di Utara khatulistiwa, Sumatera Utara, Aceh, dan Kalimantan," jelas Dwikorita.

Selain cuaca ekstrem, kata Dwikorita, selama periode Natal dan Tahun Baru juga terdapat potensi gelombang tinggi di Samudera Hindia, Pasifik, dan Selat Sunda.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x