Covid-19 Naik, Bandara Soekarno Hatta Akan Berlakukan Lagi Anjuran Pakai Masker

- 16 Desember 2023, 21:00 WIB
Kerumunan WNA di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Senin 28 Desember 2020.
Kerumunan WNA di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Senin 28 Desember 2020. /Twitter @arisrmd

PRFMNEWS – Meski pandemi Covid-19 telah berakhir, namun kasus Covid-19 di sejumlah negara ASEAN termasuk Indonesia kembali naik beberapa periode terakhir yang bertepatan pula jelang masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang bahkan berencana memberlakukan lagi anjuran memakai masker bagi penumpang pesawat terbang sebagai upaya mengurangi risiko penularan Covid-19 baik bagi para pelaku perjalanan domestik (dalam negeri) maupun internasional (luar negeri).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta Naning Nugrahini mengatakan rencana penerapan standar protokol kesehatan (prokes) seperti pemakaian masker ini akan diberlakukan bagi orang-orang yang berada di lingkungan bandara.

Baca Juga: Tidak Ada CFD di 2 Lokasi Kota Bandung Mulai Minggu Besok

Rencana ajuran pemakaian masker dan menjaga kebersihan diri termasuk mencuci tangan ketika berada di area Bandara Soekarno Hatta, ujar Naning, penting dilakukan mengingat jumlah kunjungan penumpang yang tinggi menjelang libur Nataru 2023/2024.

"Di lingkungan bandara akan kembali dianjurkan untuk pakai masker dan menjaga kebersihan tangan. Semua maskapai dianjurkan juga untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Naning, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Jumat 15 Desember 2023.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan fasilitas kesehatan, seperti posko dan klinik, apabila ditemukan gejala akibat terjangkit virus menular tersebut.

"Yang kami lakukan atas situasi saat ini sebagai pencegahan dan menghadapi Nataru, kita kembali memperketat pengawasan terhadap pelaku perjalanan, baik dari dalam negeri maupun luar yang masuk ke bandara," katanya.

Baca Juga: Untuk Pembangunan Prasarana Pendidikan, Pemkab Bekasi Anggarkan Rp300 Miliar

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah