Presiden Jokowi Janji Tambah Subsidi Pupuk untuk Petani dan Permudah Proses Pembeliannya

- 14 Desember 2023, 08:30 WIB
Presiden Jokowi meninjau penanaman padi dan menyerap aspirasi para petani di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).
Presiden Jokowi meninjau penanaman padi dan menyerap aspirasi para petani di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023). /BPMI Setpres/

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji pemerintah akan memberikan tambahan subsidi pupuk untuk mendorong produktivitas para petani. Dia juga menyatakan akan mempermudah proses pembelian untuk para pengecer atau agen resmi pupuk bersubsidi.

Pemberian tambahan subsidi pupuk, ujar Jokowi, bertujuan untuk mendorong produktivitas para petani. Hal ini disampaikannya pada acara Pembinaan Petani, Penyuluh Pertanian, dan Babinsa se-Provinsi Jawa Tengah, di Alun-alun Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu 13 Desember 2023.

“Pak Mentan tadi sudah menyanggupi, pupuk 2023 akhir dan 2024 awal, beliau akan kontrol terus agar tidak ada masalah di lapangan. Subsidi pupuknya akan saya tambah, karena suplai pupuknya juga ada,” ujar Presiden saat pidato sambutan.

Baca Juga: Mudahkan Petani Dapat Pupuk Bersubsidi, Mentan Andi Amran Sulaiman: Permentan yang Menyulitkan Petani Dicabut

Adapun untuk besaran tambahan subsidi tersebut, lanjut Presiden, pemerintah akan menghitung angka tersebut terlebih dahulu.

“Pak Mentan ngitung dulu, memang prosedurnya seperti itu, minta persetujuan dari DPR RI, baru Menteri Keuangan bisa menambah (anggaran). Tapi saya janji pupuk akan ditambah subsidinya,” ucap dia.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah juga akan mempermudah pembelian pupuk untuk para pengecer atau agen resmi pupuk bersubsidi. Syarat pembeliannya hanya menunjukkan KTP atau Kartu Tani.

Baca Juga: TNI Perlihatkan Keunggulan Padi yang Ditanam dengan Pupuk BIOS 44 DC yang Baru Dipanen di Cicalengka

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x