Arab Saudi Masih Belum Buka Pintu untuk Pelaksanaan Umrah

- 16 September 2020, 11:20 WIB
Ilustrasi Haji atau Umroh. / PRFM

PRFMNEWS - Arab Saudi hingga saat ini masih menutup pintu untuk jemaah umrah. Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menegaskan, hingga saat ini kerajaan Arab Saudi belum memberikan pengumuman kapan dibukanya izin penyelenggaraan ibadah umrah.

Menurut Endang, berdasarkan pernyaatan Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi, rencana izin pembukaan kembali pelaksanaan umrah akan diputuskan kemudian hari berdasarkan kondisi perkembangan pandemi covid-19.

“Terkait Umrah belum ada pengumuman resmi. Pernyataan Mendagri Saudi menegaskan bahwa rencana izin pembukaan kembali pelaksanaan umrah akan diumumkan secara bertahap, dan akan diputuskan kemudian berdasarkan perkembangan pandemik,” jelas Endang di Jeddah, Selasa 15 September 2020 sebagaimana dikutip prfmnews.id dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag).

Baca Juga: Odading Mang Oleh Viral, Begini Sejarah Nama Odading yang Bersumber dari Bahasa Belanda

Endang memastikan pihaknya akan terus memberikan informasi terbaru dari Arab Saudi terkait pelaksanaan umrah.

“Kami terus mengupdate keputusan Saudi terkait umrah, termasuk mendalami maksud dari pengumuman secara bertahap, apakah akan dibuka untuk warga lokal terlebih dahulu atau bagaimana. Ini masih kami klarifikasi,” lanjutnya.

Menurut Endang, pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Saudi lebih pada mengumumkan pembukaan izin penerbangan dan pelabuhan setelah 1 Januari 2021 M. Itupun, penetapan atas pencabutan izin tersebut akan diupdate kembali pada 30 hari sebelum 1 Januari 2021 M.

“Jika diperlukan, Kementerian Kesehatan dapat mengajukan permintaan untuk menetapkan persyaratan kesehatan preventif bagi penumpang dan transportasi pada saat perjalanan, di terminal bandara, pelabuhan dan stasiun,” jelasnya.

Baca Juga: Alasan Rombongan Pesepeda Masuk Tol Jagorawi: Tidak Tahu Kalau Itu Jalan Tol

Halaman:

Editor: Rifki

Sumber: Kemenag


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X