Penyelenggaraan Umroh Masih Tunggu Ketentuan Protokol Kesehatan Arab Saudi

- 4 September 2020, 20:39 WIB
Ilustrasi Haji atau Umroh.
Ilustrasi Haji atau Umroh. / PRFM



PRFMNEWS
– Pembukaan kembali penyelenggaraan ibadah Umroh (umrah) di Tanah Suci, Arab Saudi, masih menunggu dibukanya penerbangan dan ketentuan protokol kesehatan.

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali mengatakan, meski harus menunggu ketentuan protokol kesehatan dari Pemerintah Arab Saudi, pihaknya optimis penyelenggaraan umrah bisa terwujud dalam waktu dekat.

“Pembukaan kembali penyelenggaraan ibadah umrah diharapkan dapat terwujud dalam waktu dekat,” kata Endang seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA, Jumat 4 September 2020.

Baca Juga: Terjadi Empat Kali Dalam Dua Hari Terakhir, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Gempa Kerak Dangkal

Usai mendampingi Konjen RI Eko Hartono bertemu Deputi Umrah Kementerian Haji dan Umrah Abdul Aziz Wazzan di Jeddah, Endang mengatakan ada sejumlah persyaratan yang harus terpenuhi sebelum dibukanya musim umroh.

"Ketentuan protokol kesehatan bagi jamaah umrah masih dibahas dan dikoordinasikan dengan pihak dan instansi terkait, termasuk Otoritas Penerbangan Sipil (GACA) sebagai pihak yang mengeluarkan regulasi penerbangan," kata Endang.

Endang melanjutkan, otoritas Arab Saudi juga tengah mengkaji regulasi penerbangan di Indonesia sebagai bahan penentuan kebijakan dibukanya kembali penyelenggaraan ibadah umrah.

Baca Juga: Usai Pendaftaran, Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Bakal Tes Kesehatan di RSHS

Sampai saat ini, ungkap Endang, otoritas Arab Saudi tidak berencana melakukan pembatasan kuota jamaah umrah.

"Terkait kebijakan batasan usia bagi jamaah umrah masih menunggu ketentuan protokol kesehatan dari Kemenkes," katanya.****

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x