Odading Mang Oleh Viral, Begini Sejarah Nama Odading yang Bersumber dari Bahasa Belanda

- 16 September 2020, 11:18 WIB
Panganan kue khas Bandung yang diberinama Odading.* /DOK. PRFMNEWS

PRFMNEWS - Panganan berbentuk bulat, terbuat dari terigu dengan cita rasa manis saat ini tengah viral di media sosial. Yaps, adalah odading salah satu jajanan pasar yang terkenal di Kota Bandung.

Odading belakangan ini menjadi buah bibir di kalangan netizen, bermula dari video yang diunggah oleh seorang warga Bandung bernama Ade Londok yang mereview salah satu panganan odading, yakni odading Mang Oleh.

Namun ternyata dibalik nama ‘odading’ ada kisah menarik yang menjadi penyebab lahirnya nama tersebut. Bahkan, nama tersebut diklaim diadopsi dari bahasa Belanda lho.

Baca Juga: Alasan Rombongan Pesepeda Masuk Tol Jagorawi: Tidak Tahu Kalau Itu Jalan Tol

Menurut Remmy Sylado dalam tulisannya yang bertajuk ‘Disumpahi Pemuda: Satu Nusa Satu Bangsa Dua Languanges’ yang dipresentasikan di The University of Melbourne, sejarah odading ini memiliki ‘hubungan’ dengan suatu peristiwa keluarga Belanda zaman dulu.

Singkat cerita, suatu hari seorang putra tuan atau pejabat Belanda menginginkan kue yang dijajakan anak kampung. Anak kecil itu pun mengutarakan keinginannya kepada ibunya.

Namun sayang, ia tidak mengetahui nama dan kurang informasi mengenai kue itu. Alhasil, ia hanya bisa menunjuk-nunjuk dagangan yang dipinggul tersebut.

Baca Juga: Gara-gara Viral, Pembeli Odading Mang Oleh Sudah Mengular Sejak Pagi

Nyonya alias sang ibu yang penasaran lantas memanggil sang penjual kue. Nyonya kemudian berkata kepada anaknya sambil menunjuk ke kue yang dimaksud, “O, dat ding?” yang artinya “O, benda itu?”.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X