Tanggapi Kasus Pengungsi Rohingya di Indonesia, Jokowi Cium Gelagat TPPO

- 8 Desember 2023, 20:00 WIB
Seorang anak bermain di lokasi kapal mengangkut imigran etnis Rohingya yang mendarat di pantai desa Ie Meule, kecamatan Suka Jaya, Pulau Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2023).
Seorang anak bermain di lokasi kapal mengangkut imigran etnis Rohingya yang mendarat di pantai desa Ie Meule, kecamatan Suka Jaya, Pulau Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2023). /ANTARA FOTO

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait fenomena pengungsi etnis Rohingya dari Myanmar yang semakin banyak di Indonesia.

Mayoritas pegungsi Rohingya masuk ke wilayah Indonesia melalui pantai di Provinsi Aceh.

Menurut Jokowi, ada sesuatu yang janggal di balik kedatangan para pengungsi Rohingya ke Indonesia.

Baca Juga: Satgas Anti Rentenir Idealnya Ada di Tiap Kecamatan di Kota Bandung

Jokowi menduga, ada keterlibatan para pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di balik ramainya kedatangan pengungsi Rohingya ke Indonesia

"Pengungsi Rohingya dari Myanmar semakin banyak yang masuk ke Indonesia, terutama melalui pantai Provinsi Aceh. Di balik kedatangan mereka ini, pemerintah menduga adanya keterlibatan para pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang," papar Jokowi seperti dilansir prfmnews.id dari keterangan resmi Pemerintah Indonesia, Jumat 8 Desember 2023 malam.

Meski begitu, Jokowi menegaskan Pemerintah Indonesia tetap akan memberikan bantuan kemanusiaan terhadap para pengungsi Rohingya.

Baca Juga: 5 Toko Kue Paling Disukai Wisatawan saat Berlibur ke Bandung, Ada yang Mulai Jualan dari Tahun 1920-an

Namun, Pemerintah Indonesia juga tetap akan mendalami dugaan kasus TPPO pada fenomena pengungsi Rohingya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x