Satgas Anti Rentenir Idealnya Ada di Tiap Kecamatan di Kota Bandung

- 8 Desember 2023, 19:30 WIB
Kampung Bersih Rentenir di Kota Bandung
Kampung Bersih Rentenir di Kota Bandung //Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Kasus rentenir telah memakan banyak korban di Kota Bandung, Jawa Barat.

Oleh karena itu, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menyatakan, dalam menyelesaikan masalah jeratan rentenir harus dilakukan secara 'keroyokan'.

Bukan hanya untuk bebas dari Rentenir, kata Ema Sumarna, tapi juga melatih agar masyarakat berdaya supaya memiliki kemampuan menopang kehidupan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Hari Ini

"Harus keroyokan menangani hal rentenir. Rentenir memang identiknya dengan persoalan keuangan. Tapi setelah itu, masyarakat harus berdaya. Maka dari itu butuh banyak stakeholder terkait," ujarnya saat meresmikan Kampung Bersih Rentenir (KBR) di RW 11 Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Ujungberung, Jumat 8 Desember 2023.

Dikatakan Ema Sumarna, rentenir itu ibarat senja. Awalnya begitu menggoda seperti diberikan cahaya kehidupan. Seiring dengan waktu, senja itu menjadi redup dan gelap.

"Dari pinjam Rp3 juta, jadi hilang tempat tinggal karena harus bayar utang yang sudah berbunga sampai Rp500 juta. Bunganya menjerat hingga mematikan kehidupan orang. Ada kasus karena terjerat rentenir sampai mengakhiri hidup lebih cepat," paparnya.

Baca Juga: Kiper Anyar Persib, Kevin Ray Mendoza Pilih Nomor Punggung 29, Ini Alasannya

Ema Sumarna mengatakan, Satgas Anti Rentenir idealnya ada di tiap kecamatan, lebih baik lagi jika bisa hadir di kelurahan dengan kolaborasi dari berbagai lini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x