Kata TKN Prabowo-Gibran soal Dana KIS Akan Dialihkan untuk Program Makan Siang dan Susu Gratis

- 3 Desember 2023, 15:30 WIB
Capres Prabowo Subianto saat joget gemoy di hadapan ribuan pendukungnya.*
Capres Prabowo Subianto saat joget gemoy di hadapan ribuan pendukungnya.* /Kabar-tasikmalaya.com/Irman sukmana

PRFMNEWS – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait isu pengalihan dana program jaminan kesehatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk program Makan Siang dan Susu Gratis yang ditawarkan pasangan calon (paslon) capres-cawapres nomor urut 2 itu.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, membantah isu yang berkembang tersebut. Menurutnya, jika Prabowo-Gibran terpilih menjadi presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024, maka program kesejahteraan sosial yang sudah ada termasuk KIS tetap berlanjut, ditambah program baru Makan Siang dan Susu Gratis.

"Ada tafsir dan analisis yang berkembang dari pernyataan TKN, bahwa program-program KIS, KIP (Kartu Indonesia Pintar), BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), dan PKH (Program Keluarga Harapan) akan dialihkan ke Makan Siang Gratis. Itu tidak benar," kata Nusron, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Sabtu 2 Desember 2023.

Baca Juga: Ragam Upaya Pemkot Menjaga Aspek Ruang dan Estetika Kota Bandung

“Semua program yang memberi manfaat bagi masyarakat tersebut akan tetap dilanjutkan jika Prabowo-Gibran terpilih memenangi Pilpres 2024. Bahkan akan ditambah dengan program makan siang dan susu gratis, serta gizi untuk ibu hamil dan anak-anak,” imbuh dia.

Nusron mengatakan Program Makan Siang Gratis dan Gizi untuk Ibu Hamil dan Anak itu memiliki tiga komponen fungsi, yakni pendidikan, perlindungan sosial, dan kesehatan.

"Dengan adanya tiga komponen tersebut, salah satu opsi penganggaran adalah dengan melalui anggaran tiga fungsi tersebut, bisa dengan menambahkan menambahkan anggaran melalui komponen tersebut. Jadi, bukan pengalihan," tegasnya.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan opsi penambahan anggaran tersebut nantinya disalurkan melalui fungsi masing-masing komponen. Adapun nantinya, sumber pembiayaan untuk melakukan penambahan anggaran tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Vistara Resmi Layani Penerbangan Langsung Bali-India Per 1 Desember, Ini Harga Tiket dan Jadwalnya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x