Jembatan Gantung Rp10 Miliar Diresmikan, Warga Perbatasan Indramayu-Subang Makin Aman Sebrangi Sungai

- 29 November 2023, 08:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meresmikan  Jembatan Gantung Baleraja di Indramayu Senin, 27 November 2023.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meresmikan Jembatan Gantung Baleraja di Indramayu Senin, 27 November 2023. /PUPR/

PRFMNEWS – Jembatan Gantung Baleraja telah diresmikan Kementerian PUPR dan sudah bisa digunakan warga sejak Senin, 27 November 2023. Jembatan gantung ini menghubungkan Desa Baleraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu dengan Desa Sidajaya, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Peresmian Jembatan Gantung Baleraja dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama anggota Komisi V DPR RI Dedi Wahidi dan Bupati Indramayu Nina Agustina di Desa Baleraja.

Kehadiran jembatan tersebut membuat mobilitas puluhan ribu warga di perbatasan Indramayu dan Subang ini semakin aman, mudah dan cepat.

Baca Juga: Kementerian PUPR Pastikan Kesiapan Jalan Tol dan Jalan Nasional untuk Nataru

Sebelum ada Jembatan Gantung Baleraja, warga harus menggunakan rakit untuk menyebrangi aliran Sungai Cipunagara dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sedangkan jika memutar melalui jalur darat, warga harus menempuh sekira 34 kilometer.

Menteri PUPR mengatakan pembangunan jembatan gantung ini merupakan bantuan Pemerintah Pusat sesuai visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak hanya membangun prasarana ekonomi seperti bendungan dan jalan tol, namun juga prasarana kemasyarakatan seperti jembatan gantung.

Pembangunan jembatan gantung yang membutuhkan anggaran sebesar Rp10,27 miliar ini, ujar Menteri Basuki, juga merupakan jawaban nyata atas aspirasi dari Anggota Komisi V DPR RI Dedi Wahidi yang dibangun sejak tahun 2022 lalu.

"Manfaatnya untuk membantu melancarkan transportasi masyarakat yang dulu harus menyebrang dengan menggunakan perahu getek. Mudah-mudahan dengan adanya jembatan ini dapat memperlancar dan meningkatkan keamanan masyarakat untuk menyeberangi sungai," kata Basuki.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x