Kata Mendag soal Ramai Boikot Produk Pro Israel oleh Masyarakat: Bukan Melarang

- 28 November 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi pemboikotan.
Ilustrasi pemboikotan. /Pixabay/Preis_King

PRFMNEWS – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan buka suara berkaitan aksi boikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel. Menurut Mendag, saat ini pemerintah Indonesia tidak ikut memberlakukan tindakan boikot tersebut.

Terkait dengan aksi boikot produk terafiliasi Israel yang dilakukan masyarakat, ujar Mendag, itu bukan menjadi suatu persoalan karena merupakan hak masing-masing dari mereka.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menekankan, pemerintah hanya berfokus untuk memberikan aturan, bukan melarang produk mana pun untuk dijual di Indonesia selama masih menaati aturan yang berlaku.

Baca Juga: Israel Larang Rakyat Palestina Tampung Air Hujan, Karena Air Hujan Diklaim Milik Israel

"Ada pendapat masyarakat silakan saja. Pemerintah tidak ada melarang-larang, nggak ada, kalau mengatur iya," ucap Zulhas.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengutarakan, penyusunan daftar boikot terhadap produk-produk yang terafiliasi dengan Israel harus dilakukan secara selektif agar informasi yang beredar di masyarakat tidak setengah-tengah.

Karim pun memastikan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang pelarangan penggunaan produk pro Israel sejalan dengan sikap pemerintah yang membela kemerdekaan Palestina.

Baca Juga: Wapres soal Fatwa MUI: Pemerintah Harus Seleksi Produk Pro Israel Agar Tidak Rugikan Banyak Pihak

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x