MLFF Gantikan Transaksi Tap E-Toll di Gerbang Tol Mulai 2024, Begini Cara Kerja dan Keunggulannya

- 27 November 2023, 21:00 WIB
Gerbang Tol Cileunyi.
Gerbang Tol Cileunyi. /PT Jasamarga

 

PRFMNEWS – Kementerian PUPR akan menghapus transaksi bayar layanan jalan tol dengan cara tapping kartu e-toll mulai tahun 2024. Rencananya, pembayaran di gerbang tol (GT) akan diganti dengan sistem transaksi nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

Apa itu teknologi MLFF, bagaimana cara kerja dan kelebihan apa saja yang dihadirkan sistem pembayaran tanpa mobil harus berhenti di gerbang tol sebagai pengganti tapping kartu e-toll ini?

MLFF adalah proses pembayaran tol tanpa berhenti, sehingga pengendara tidak harus menghentikan kendaraannya di pintu tol. Teknologi yang diterapkan pada MLFF adalah Global Navigation Satellite System (GNSS), yaitu sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di handphone pintar (smartphone) dan dibaca melalui satelit.

Baca Juga: Pemerintah Hapus Transaksi Tapping E-Toll di Semua Gerbang Tol Secara Bertahap Mulai 2024

Cara kerja MLFF dengan teknologi GNSS ini akan memanfaatkan aplikasi khusus pembayaran layanan jalan tol yang dapat di-install di smartphone. Setelah itu, GPS melalui alat yang dipasang di dalam kendaraan akan menentukan lokasi kendaraan yang dibaca oleh satelite dan proses map-matching (memastikan posisi kendaraan) akan bekerja di central system.

Ketika kendaraan keluar jalan tol, proses map-matching otomatis berakhir dan sistem akan melakukan kalkulasi tarif yang akan dibayar pengguna jalan tol. Ketika kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik pada aplikasi di smartphone akan terpotong.

Terkait keunggulan, melalui transaksi sistem MLFF membuat pengendara tidak perlu berhenti di GT untuk tapping kartu e-toll seperti sebelumnya. Di mana, transaksi pembayaran di GT melalui tapping kartu e-toll butuh waktu untuk membuka kaca kendaraan dan tempel kartu.

Selain itu, penerapan teknologi MLFF di Indonesia akan membuat pengguna jalan tol tidak perlu mengantre saat akan melakukan pembayaran. Ini membuat waktu transaksi berkurang, bahkan diklaim oleh PUPR menjadi 0 detik saja karena tidak perlu berhenti.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x