Jokowi Tegaskan Modernisasi Alutsista Dibutuhkan Tapi Harus Disesuaikan dengan Kebutuhan dan APBN

- 6 Oktober 2023, 15:00 WIB
Presiden Joko Widodo mendorong modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk menjadi bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan di Tanah Air.
Presiden Joko Widodo mendorong modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk menjadi bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan di Tanah Air. /Biro pers setpres /

PRFMNEWS - Dalam sambutannya di Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI, di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dilakukan secara bijak.

Jokowi menekankan agar pengadaan alutsista di Indonesia harus menyesuaikan dengan kbeutuhan dan juga kemampuan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Menurutnya, modernisasi alutsista memang diperlukan namun semua harus disesuaikan dengan kondisi anggaran negara dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Setelah Sempat 'Hilang Kontak' di Eropa, Mentan Sudah Tiba di Indonesia dan Ajukan Pengunduran Diri

“Memang modernisasi alutsista sangat diperlukan, tapi keuangan negara, anggaran negara, APBN kita sangat terbatas, dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangat lah besar, sehingga belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak, baik besarannya maupun peruntukannya,” ujar Presiden.

Selain itu, Presiden menekankan, modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan di dalam negeri.

Oleh karena itu, Presiden mendorong adanya transfer knowledge, peningkatan sumber daya manusia (SDM), mengutamakan produk dalam negeri.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo Ajukan Surat Penguduran Diri Sebagai Menteri Pertanian

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x