Termasuk Sistem Pembayaran, Ini 5 Titah Jokowi soal Kemudahan Integrasi Transportasi Publik Jabodetabek

- 29 September 2023, 06:00 WIB
Presiden Jokowi berpose di samping salah satu unit Kereta Cepat Jakarta Bandung
Presiden Jokowi berpose di samping salah satu unit Kereta Cepat Jakarta Bandung /Instagram @jokowi

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan lima poin arahan terkait mewujudkan integrasi transportasi umum di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) agar semakin memudahkan masyarakat ketika bermobilisasi tanpa harus naik kendaraan pribadi.

Lima instruksi Presiden Jokowi untuk merealisasikan sistem integrasi transportasi massal di Jabodetabek yang semakin mudah, nyaman, dan efektif ini disampaikan kepada para menteri dan kepala daerah terkait saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 27 September 2023.

Sistem integrasi transportasi publik, kata Presiden Jokowi, sangat penting mengingat ragam angkutan massal di Jabodetabek sudah bertambah, mulai dari moda raya terpadu (MRT), lintas raya terpadu (LRT), hingga Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Baca Juga: Street Food Sumatera, Tempat Pembuangan Sampah yang Disulap Jadi Destinasi Berburu Kuliner di Bandung

“Setelah kita memiliki MRT, LRT, kereta api cepat, kemudian ada kereta bandara, yang harus kita segera selesaikan, segera eksekusi adalah bagaimana kita mengintegrasikan moda transportasi ini dengan moda transportasi lainnya seperti TransJakarta, bus, taksi online, ojek online (ojol). Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang memudahkan masyarakat, yang akhirnya mendorong masyarakat menggunakan transportasi publik, karena kuncinya adalah kemudahan dan kenyamanan,” ujar Presiden.

Instruksi Jokowi yang pertama adalah menghadirkan sistem pembayaran yang terintegrasi pada semua moda transportasi publik. Presiden juga meminta agar dapat dilakukan kajian terkait pemotongan harga (diskon) untuk pembayaran langganan.

“Harus dibangun sistem pembayaran yang terintegrasi, dan alat pembayaran tersebut biasa digunakan masyarakat dan dapat digunakan di semua moda transportasi. Kaji juga mengenai mekanisme pembayaran langganan, diskonnya seperti apa, ini saya akan menarik masyarakat untuk berbondong-bondong naik transportasi massal,” ujarnya.

Baca Juga: Rangkaian Acara Pekan Raya Bandung 27 September-4 Oktober 2023, Berlangsung di Sejumlah Lokasi

Kedua, Jokowi ingin pembangunan infrastruktur penghubung antara moda transportasi satu dengan lainnya bisa dipercepat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x