Besok KAI Mulai Operasikan Kereta Ekonomi New Generation Tanpa Kursi Tegak, Ini Keunggulan Fasilitasnya

- 25 September 2023, 12:00 WIB
KA Jayabaya dengan rute perjalanan Stasiun Pasar Senen, Jakarta – Malang (PP) yang merupakan kereta ekonomi new generation tanpa kursi tegak.
KA Jayabaya dengan rute perjalanan Stasiun Pasar Senen, Jakarta – Malang (PP) yang merupakan kereta ekonomi new generation tanpa kursi tegak. /PT KAI/

PRFMNEWS – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan mengoperasikan kereta ekonomi new generation tanpa kursi tegak mulai Selasa, 26 September 2023 besok. Kabar ini diumumkan melalui unggahan di akun Instagram resmi PT KAI, Sabtu 23 September 2023.

Daftar kereta api (KA) yang akan menggunakan rangkaian kereta ekonomi baru tanpa tempat duduk tegak tersebut pada tahap awal mulai besok berlaku pada KA Jayabaya dengan rute perjalanan Stasiun Pasar Senen, Jakarta – Malang (PP).

Perbedaan fasilitas yang menjadi kelebihan pada kereta ekonomi new generation pada KA Jayabaya yaitu, kapasitas tempat duduk berkurang dari sebelumnya 80 kursi menjadi 72 kursi. Hal tersebut dilakukan agar ruang bergerak untuk kaki atau leg room bagi penumpang menjadi lebih luas.

Baca Juga: Viral Keluhan Penumpang Soal Kursi Tegak, KAI: Kami akan Ganti dengan Beli Kereta Ekonomi Baru

Selain itu, jenis kursi pada kereta ekonomi new generation KA Jayabaya juga telah menggunakan tipe captain seat. Kursi jenis ini dapat diatur kemiringannya (reclining) dan dapat diatur searah laju kereta atau berhadapan (revolving) layaknya kursi pada kereta eksekutif.

“Kereta ekonomi new generation sebelumnya adalah kereta ekonomi jenis long seat tegak lurus berkapasitas 80 penumpang. Proses modifikasi pada Kereta Ekonomi New Generation tersebut dilakukan oleh Balai Yasa Manggarai,” tulis KAI dalam keterangan unggahannya, dikutip prfmnews.id, Senin 25 September 2023.

KAI menyatakan hingga saat ini baru terdapat 10 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi oleh Balai Yasa Manggarai sejak April 2023.

Baca Juga: AWAS! Ada Situs Palsu Pendaftaran PPPK Kemensos

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x